Kamis, 15 Februari 2018

Taman Kehati, Objek Wisata Kebanggaan Masyarakat Mesuji Lampung

Asyik juga ternyata renang di Taman Keanekaragaman Hayati (Kehati) yang merupakan salah satu obyek wisata yang ada di Kabupaten Mesuji Lampung tepatnya berada di Desa Mekar Jaya, Kecamatan Tanjung Raya. Tak banyak memang tempat-tempat menarik yang ada di tempat kelahiran Ane ini, namun dengan hadirnya obyek wisata ini setidaknya bisa mengobati kangen Ane terhadap dunia jalan-jalan. Ane kira tak hanya Ane saja yang senang, melainkan seluruh warga masyarakat Mesuji. Sebenarnya nggak ada niat sieh sob Ane mengunjungi tempat ini, karena berhubung ibu Ane yang ngajak jadilah Ane menuju kesini.


Hari Sabtu 20 Mei 2017 Akhirnya Ane benar-benar meluncur kesini. Kali ini Ane tak sendiri sob selain dengan Ibu Ane, Ane juga bersama dengan murid-murid TK Ibu Ane berserta orang tuanya. Perjalanan ini sungguh bisa membuat Ane bahagia, bagaimana tidak dengan banyaknya sahabat yang ada, kita bisa bergurau bersama. Dan yang paling penting nantinya bisa minta bekal siang kepada mereka, hahaha.
Inilah Mesuji dengan segala keadaannya. Berbeda dengan pemandangan alam yang ada di Pulau Jawa pada umumnya, di Mesuji ini tak banyak yang dapat Ane saksikan. Sepanjang perjalanan pemandangan yang dapat Ane lihat hanyalah tanaman pohon karet dan sawit saja. Tak hanya itu kondisi jalanpun masih banyak yang berlubang parah, sehingga dengan menaiki kendaraan bermotor maka serasa menaiki kendaraan hewan berkaki empat khususnya kuda. Hanya beberapa kilo saja kita melalui jalan beraspal mulus itupun jalan lintas timur yang merupakan jalan nasional, tapi setelah itu kembali lagi kita harus melalui jalan beraspal dan berlubang.
Tak perlu kehilangan sepeserpun untuk sampai sini, cukup dengan duduk manis saja Ane sudah sampai di TeKaPe. Ya, inilah kali pertama Ane menginjakkan kaki disini. Obyek Wisata Taman Kehati ini terbilang baru, karena baru diresmikan sebulan yang lalu tepatnya tanggal 12 April 2017. Walau demikian berkaitan dengan jumlah pengunjungnya, obyek wisata ini tak bisa dianggap remeh karena Ane melihat dengan mata kepala Ane sendiri pengunjungnya itu sungguh bejibun.


Untuk dapat memasuki obyek wisata ini, setiap pengunjung hanya perlu membayar tiket sebesar 12k saja dengan rincian 10k untuk tiket masuknya dan 2k untuk parkirnya. Tempat parkirnya sangat luas sekali sehingga hal ini sangat memudahkan pengunjung untuk dapat memarkirkan kendaraannya. Dari tempat parkir Ane memilih untuk melihat-lihat sekitar dahulu sebelum masuk kedalam. Dibagian depan terdapat sebuah Tugu Kalpataru yang dicat berwarna-warni. Bagian bawah dari tugu tersebut dibangun menyerupai balok-balok yang disusun mengerucut keatas, sedangkan dibagian atasnya terdapat tangan yang sedang membawa bulatan bergambarkan akar pohon.



"Oke sekarang saatnya menuju kedalam, fikirku". Meskipun baru dibuka, Ane sungguh kagum dengan obyek wisata ini lho sob. Fasilitasnya terbilang cukup komplit, mulai dari lapak para pedagang yang tersusun rapi, kamar kecil dengan airnya yang cukup lancar, serta tempat duduk ada dimana-mana. Selain itu fasilitas pokoknya cukup banyak diantaranya fasilitas bermain anak, kolam pemancingan, kolam renang, jogging track, taman bunga, hingga taman burung.




Rasanya Ane tak sabar ingin segera menceburkan diri saat melihat kolam renang. Ada sekitar 5 buah kolam renang dengan kedalaman berbeda yang dapat Ane nikmati. Ada kolam renang yang bisa digunakan oleh anak-anak yang dilengkapi dengan fasilitas permainannya seperti ember tumpah, prosotan, dan berjalan diatas air. Ada kolam renang yang bisa digunakan oleh siapa saja dengan kedalaman yang sedang, bahkan ada kolam renang yang hanya dikhususkan untuk orang yang bisa berenang saja.




Lalu dimanakah Ane harus menceburkan diri? tentu di kolam renang yang paling dalam tow sob, masa iya dikolam yang dangkal berenang bersama adik-adik kecil, kan malu :-). Berhubung Ane kesininya bersama Ibu Ane maka urusan pakaian tak jadi masalah. Ane titipkan kepada beliau, soalnya beliau sendiri tak mau Ane ajak mandi walaupun sudah berulang kali Ane membujuknya. Yasudahlah!
Byurrrrr, masuklah Ane kedalam kolam tersebut. Berbagai macam aktifitas Ane lakukan, selain berenang kesana-kemari juga melakukan jumping dari atas dengan ketinggian sekitar 3 meter. Awalnya sempat ragu-ragu juga apakah bisa Ane melompat dari atas ketinggian tersebut, eh ternyata setelah mencobanya malah membuat Ane ketagihan untuk mengulanginya. Hulala, sensasinya sungguh luar biasa dan tak bisa diungkapkan dengan kata-kata.




Tidak terasa sudah 2 jam Ane berenang disini, rasanya sudah cukup puas hingga lapar menghampiri perut. Berbagai macam gaya sudah Ane lakukan mulai dari gaya punggung hingga gaya batu, hahaha. Yang jelas minum juga puas. Setelah bersih-bersih diri, kemudian Ane makan. Setelah itu Ane melanjutkan lagi penjelajahan Ane.
Diantara semua fasilitas yang ada yang paling banyak dikunjungi selain di kolam renang yaitu Taman Burung. Ada banyak jenis unggas berada di dalamnya. Pokoknya kalau kesini dijamin tidak rugi deh sob, selain bermain kita juga dapat belajar.




Mantab!!!
Untuk dapat sampai disini, berikut arahan jalannya:
Dari Kota Bandar Lampung Obyek Wisata Taman Kehati ini dapat ditempuh selama 5 (lima) jam perjalanan darat melalui jalan lintas timur. Saat memasuki Kabupaten Mesuji dan bertemu dengan Kantor POLRES Mesuji, ada 2 jalan yang dapat digunakan untuk sampai kesini. Pertama, sobat bisa belok kearah kanan (timur) karena tepat sebelum Kantor POLRES ada belokan jalan yang mengarah kekanan. Ikuti jalan ini dengan kondisi jalan yang awalnya baik kemudian berangsur menjadi rusak parah hingga sejauh kurang lebih 11 Km. Setelah bertemu dengan kantor pos dan maju sedikit ada sebuah pertigaan. Beloklah kearah kiri. Ikutilah jalan ini dengan kondisi jalan yang cukup baik hingga kira-kira sekitar 3 Km, sobat akan bertemu dengan perempatan jalan. Jangan belok-belok, masih lurus lagi dan tak lama kemudian sampailah sobat di tempat yang sobat maksud.
Dan yang kedua, sobat bisa belok kearah kanan (timur) setelah bertemu SMAN 1 Simpang Pematang. Caranya, dari POLRES Mesuji maju sedikit sobat akan bertemu dengan pertigaan jalan, bila kearah kiri maka akan sampai di Palembang dan Kota-kota besar di Pulau Sumatera dan bila lurus akan sampai di SMAN 1 Simpang Pematang. Nah, lurus saja hingga sejauh kurang lebih 3 Km. Setelah bertemu dengan SMAN 1 Simpang Pematang yang ada di kiri jalan, tepat setelahnya ada perempatan jalan. Beloklah kearah kanan (timur). Mula-mula kondisi jalannya cukup bagus, tetapi lama-kelamaan kondisi jalannya berubah menjadi cukup parah. Dari SMAN 1 Simpang Pematang tersebut, sejauh kira-kira 11 Km sobat akan bertemu dengan perempatan jalan. Beloklah kearah kiri dan tak lama kemudian sampailah sobat di tempat yang sobat maksud.

2 komentar:

  1. panas2 begitu, emang enaknya berenang ya mas... sayang aku udah lupa semua cara2 berenang yg dulu pas SD diajarin ;p.. jd kalo masuk kolam renang skr, dijamin bakal tenggelam doang sih :p

    komplit banget tamannya.. sampe ada taman buah segala ih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wih mbak Fanny sudah belajar renang dari SD? dah kelamaan mbak, kudu belajar lagi buat nginget-ngingetnya :-)
      Ini objek wisata udah terbaik di Mesuji lho, hehehe

      Hapus

TENTANG ANE

Anis SobatAnis Sobat
Hello, My Name Is Anis Hidayah. I am no Drinking,Drug, Smoking, and Free sex. But yes Travelling, Touring, Mountaineering, visit the new site and meet by new people. Enjoy my life with my way myself. That's about me