Rabu, 30 Januari 2019

Masjid Al-Imtizaj, Masjid Unik Ala Tionghoa

Setelah menelusuri Jalan Braga sampai mentok di utara, Ane balik lagi ke arah selatan. Begitu menemukan perempatan jalan, Ane belok kearah kanan. Tujuan kali ini adalah Pasar Baru Bandung. Melewati Jl. Naripan dan bersambung ke Jl. ABC. Sekitar 100 meter setelah melewati jembatan Ane diherankan oleh suara adzan yang berkumandang dari dalam sebuah bangunan. Kebetulan hari memang sudah siang dan sudah masuk waktu dzuhur.
Secara sekilas bangunan tersebut adalah bangunan klenteng. Pasalnya bangunan itu dibangun bergaya arsitektur Tiongkok dan warna yang mendominasinya adalah warna merah dan kuning ditambah hadirnya ornamen lampion terbang berwarna merah. Tapi apakah iya bangunan itu adalah bangunan masjid? untuk memastikan kebenarannya Ane mampir sebentar disini. Ternyata benar bangunan ini adalah sebuah bangunan masjid. Hal ini terlihat dari sebuah papan nama yang terletak persis diatas pintu masuk gerbang berbunyi "Masjid Al-Imtizaj". Papan nama tersebut tak hanya dituliskan dalam bentuk bahasa Indonesia saja tetapi juga dalam bentuk bahasa Arab dan Mandarin.



Mengetahui bangunan ini benar-benar masjid, Ane tak hanya mampir sebentar sesuai niatan awal tetapi juga masuk untuk mendirikan ibadah shalat Dzuhur sekaligus melihat-lihat arsitektur yang ada. Sebelumnya Ane melepas sepatu dan memasukkannya kedalam plastik yang selanjutnya Ane masukkan kedalam tas. Memang diatas pintu masjid sudah terpasang kamera CCTV, tak ada salahnya Ane juga lebih berhati-hati terhadap barang bawaan Ane sendiri.
Bangunan Masjid Al-Imtizaj yang terletak di Jl. ABC No.8 Banceuy Bandung ini memiliki gapura berbentuk oval, memiliki atap berbentuk melengkung yang dikenal dengan atap pelana sejajar gravel dan diatasnya bertengger kubah ciri khas dari bangunan suatu masjid. Setelah melewati gapura Ane dapat melihat sisi luar bangunan masjid secara keseluruhan. Masjidnya cukup kecil namun bertingkat. Ane hanya bisa menduga-duga mungkin diatasnya itu adalah pertokoan. Diantara keduanya dibedakan berdasarkan warna cat saja. Masjid berornamen unik ala tiongkok ini mempunyai warna kuning dan merah, sedangkan yang Ane duga pertokoan bercatkan warna putih.



Meskipun kecil, masjid ini didesain semenarik mungkin diantaranya terdapat selasar kecil, disamping kanan dan kirinya terdapat tempat duduk berupa gazebo kecil yang bisa ditempati oleh 4 orang, serta taman. Untuk masuk kedalam masjid Ane harus menuruni anak tangga terlebih dahulu karena posisi lantai 1 masjid lebih rendah dibadingkan dengan jalan ABC. Lantai 1 untuk jamaah laki-laki sedangkan lantai 2 untuk jamaah perempuan.



Tempat wudhu bagi jamaah laki-laki ada disebelah kiri masjid, setelah mengambil air wudhu Ane masuk kedalam. Tak hanya di sisi luarnya saja yang unik, didalamnya pun tak kalah uniknya. Masjid ini disangga oleh dua buah penyangga yang cukup besar. Di bagian lantainya digelari karpet berwarna hijau tua. Di bagian dalam dinding mihrab terdapat tulisan "Allah" berukuran cukup besar, sedangkan dibagian depan dinding samping kanan dan kiri mihrab terdapat tulisan "Allah" dan "Muhammad" dalam bahasa Arab. Seperti masjid pada umumnya, masjid ini mempunyai mimbar yang cukup cantik. Mimbar ini diletakkan didalam ruang mihrab samping kanan tempat imam memimpin ibadah shalat fardhu. Sama seperti diluar, didalam ruangan masjid pun didesain ala Tiongkok. Lampion terbang berwarna merah dan pada dindingnya juga masih didominasi warna kuning dan merah.



Mihrab Masjid Al-Imtizaj
Tempatnya yang bersih dan udara yang masuk cukup sejuk membuat para jamaah nyaman untuk melaksanakan ibadah shalat. Suara iqamat sudah tiba kini saatnya Ane bersama para jamaah lainnya mendirikan ibadah shalat dzuhur. Inilah pengalaman pertama Ane mendirikan ibadah shalat di bangunan masjid yang berasitektur Tiongkok dan bila dilihat secara sekilas merupakan sebuah bangunan klenteng. Suuuut, jangan ribut ya sob karena masih ada orang yang shalat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TENTANG ANE

Anis SobatAnis Sobat
Hello, My Name Is Anis Hidayah. I am no Drinking,Drug, Smoking, and Free sex. But yes Travelling, Touring, Mountaineering, visit the new site and meet by new people. Enjoy my life with my way myself. That's about me