Jumat, 31 Mei 2019

Masjid Agung Baiturrahman dan Islamic Center Menggala Tulang Bawang

Sama seperti Museum Tulang Bawang yang berhasil menarik perhatian Ane, kini masjid inipun demikian. Bagaimana tidak, bangunan masjidnya cukup megah dengan pelataran depannya yang cukup luas serta mempunyai sebuah menara yang cukup tinggi. Mungkin kalau di jawa bangunan seperti ini bisa dijumpai dengan mudah, tetapi kalau di Kabupaten Tulang Bawang ini untuk menemukan bangunan megah seperti ini agak sulit untuk di jumpai. Setelah urusan di rumah sakit beres, selanjutnya kita pulang ke rumah. Kebetulan baru saja sampai di depan Terminal Menggala Ane mendengar suara adzan dzuhur berkumandang, suara tersebut berasal dari masjid ini. Tanpa banyak berfikir langsung saja Ane arahkan motor Ane menuju ke tempat tersebut.


Sebenarnya tempat ini bukan hanya bernama Islamic Center saja tetapi ada tambahannya yakni Masjid Agung Baiturrahman, sehingga nama resminya adalah Masjid Agung Baiturrahman dan Islamic Center Menggala, Kabupaten Tulang Bawang Lampung. Lokasi ini terbilang cukup strategis karena terletak di pinggir Jalan Lintas Timur yang merupakan jalan nasional dan berseberangan dengan beberapa gedung pemerintahan seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Gedung Kesenian R.A. Kartini dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah.


Gedung Kesenian R.A. Kartini Kabupaten Tulang Bawang, unik karena diatasnya tertulis aksara Lampung 
Gedung Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kabupaten Tulang Bawang
Bangunan masjid ini terdiri dari 2 lantai, lantai dasar digunakan untuk fungsi-fungsi umum dan lantai 2 digunakan sebagai ruang utama untuk shalat yang dapat diakses melalui anak tangga pelataran alun-alun depan masjid. Sayang Ane tak bisa bercerita banyak tentang bangunan masjid ini dikarenakan ruang utama masjid untuk sementara tidak digunakan sebagai tempat beribadah karena baru dilakukan perbaikan dan sebagai gantinya untuk sementara para jama'ah yang ingin mendirikan shalat menggunakan serambi masjid.

Anak tangga menuju lantai 2 ruangan masjid 
Tampak beberapa jamaah sedang mendirikan shalat sunnah di serambi masjid
Agar tak ketinggalan, dengan segera Ane mengambil air wudhu. Tempat wudhunya ada di lantai 2 dan terletak di sisi kiri dan kanan masjid. Tempatnya cukup bersih dan aliran airnya pun cukup lancar serta dilengkapi dengan kamar kecil sehingga tak ada alasan lagi untuk tidak datang ke masjid.

Pintu masuk kawasan Islamic Center Menggala
Menara masjid Baiturrahman 
Lalu bagaimanakah dengan menaranya? apakah bisa dinaiki seperti yang ada di menara Masjid Agung Jawa Tengah? sepertinya tidak bisa, menara ini hanya berfungsi sebagai hiasan saja agar masjid ini terlihat lebih cantik. Walaupun bisa tentu tak akan beroperasi karena masjid ini masih dalam tahap renovasi.
Catatan:
Foto/Gambar yang ada di artikel ini, Ane ambil pada tahun 2017. Di tahun 2019 ini mungkin tempat ini sudah bisa di fungsikan secara penuh karena tahap renovasi sudah selesai.

4 komentar:

  1. Pelataran depan masjid dibuat luas untuk sarana kalau sholat ied dapat menampung banyak jamaah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sepertinya mas, kan nggak perlu ke lapangan lagi.

      Hapus
  2. menara nya mirip pensil ya :)

    BalasHapus

TENTANG ANE

Anis SobatAnis Sobat
Hello, My Name Is Anis Hidayah. I am no Drinking,Drug, Smoking, and Free sex. But yes Travelling, Touring, Mountaineering, visit the new site and meet by new people. Enjoy my life with my way myself. That's about me