Kamis, 22 Mei 2014

Pelabuhan Bakauheni-Merak Yang Cantik

Salam sobat petualang, bagaimana nieh kabar semuanya. Kali ini ane mau menceritakan kepulangan ane di Kampung halaman yang berlokasi di Lampung Pulau Sumatera. Nah ketika menuju perjalanan pulang, ane tentulah melewati dua pelabuhan yang sangat terkenal akan kesibukannya dan bahkan menjadi pelabuhan tersibuk di Indonesia. Yaw Pelabuhan mana lagi kalau bukan Pelabuhan Bakauheni dan Merak. Kedua pelabuhan ini sangat penting sebagai pelabuhan penyeberangan dari Merak yang ada di Pulau Jawa dengan Pelabuhan Bakauheni yang ada di Pulau Sumatera maupun sebaliknya. Namun dibalik kesibukannya, Kedua pelabuhan ini menyimpan pemandangan yang elok nan indah dan sedap di pandang mata. Untuk lebih jelasnya, yuk ikuti cerita nya.
Perjalanan ini terjadi ketika tahun lalu ane pulang kampung dari Yogyakarta menuju Provinsi Lampung pada libur hari raya Idul Fitri. Pada tanggal 26 Juli 2013 ane berangkat dari Yogyakarta menuju Lampung menggunakan kendaraan bus. Yaw selain harganya miring di banding naik pesawat yang harus merogoh kocek lebih dalam lagi, kita dapat melihat pemandangan yang indah di sepanjang jalan. Dari Yogyakarta kota budaya dan pariwisata, Jawa Tengah dan Jawa Barat yang mempunyai pemandangan yang sangat luar biasa indahnya, DKI Jakarta sebagai Ibukota Negara kita yang dipenuhi oleh gedung pencakar langit dan Banten pemandangan lautnya.
Pada tanggal 27 Juli pada pukul 7 pagi ane sudah sampai di pelabuhan Merak, ternyata seger banget rasanya. Birunya air laut memanjakan mata kita serta di sini kita dapat melihat kapal roro maupun ferry yang lalu lalang dengan berbagai aktivitasnya.


Kapal yang ane tumpangi mulai berangkat nieh sob dari pelabuhan Merak

Dua jam berselang, akhirnya kapal yang ane naiki segera berlabuh ke pelabuhan Bakauheni, Lampung. Ane sempat mengabadikan foto di sekitar pelabuhan Bakauheni. Ada Pak Nelayan yang kelihatannya sedang mencari ikan lo sob.


Pemandangan berlatarbelakang Pelabuhan Bakauheni

Tunggu sebentar sobat-sobat, benda yang berwarna kuning cerah itu apa benda apa yaw??? pada tahu nggak bahwa benda yang berwarna kuning cerah itu adalah Menara Siger. Bangunan tersebut bukan hanya untuk mempercantik Pelabuhan saja lo sobat dan bukan berarti tanpa makna. Yaw bentuk Menara Siger ini terinspirasi dari bentuk mahkota Siger yang di pakai oleh pengantin wanita adat khas Lampung. Selain itu Mahkota Siger juga sebagai simbol kehormatan. Tidak hanya karena gajah atau Way Kambas maupun Gunung Krakatau nya saja yang terkenal dari Lampung, tetapi Menara siger ini juga terus dikenali oleh para pecinta pelancong dari wisatawan domestik maupun mancanegara.
Menara Siger ini terletak di Kecamatan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan dan merupakan titik nol jalan lintas Sumatera dimana Lampung sebagai pintu gerbang pulau Sumatera dari timur. Jadi tidak hanya Jogja yang mempunyai titik nol Kilometer sob.  Jika kita perbesar gambarnya menjadi di bawah ini


Setelah menyeberangi Selat Sunda, ane masuklah ke daerah ane yaitu Lampung. Nah pada malam harinya ane sudah sampai di rumah ane. Oke sampai sini dahulu yaw sob, masih banyak lagi spot-spot yang menarik untuk di kunjungi di Lampung lo Sob,,,, Ayo buruan ke Lampung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TENTANG ANE

Anis SobatAnis Sobat
Hello, My Name Is Anis Hidayah. I am no Drinking,Drug, Smoking, and Free sex. But yes Travelling, Touring, Mountaineering, visit the new site and meet by new people. Enjoy my life with my way myself. That's about me