Minggu, 15 Februari 2015

Candi Plaosan Kidul

Tidak lengkap rasanya mengunjungi Candi Plaosan Lor tanpa mengunjungi Candi Plaosan Kidul. Jarak antara kedua candi ini sangatlah dekat yakni sekitar 50 meter saja. Sudah membaca postingan Ane yang berjudul Ada Kisah Cinta di Candi Plaosan Lor (Part 2) belum sob? kalau belum silahkan di baca terlebih dahulu yaw sob supaya nyambung ceritanya. Beranjak dari Candi Plaosan Lor Ane berjalan kaki melewati jalan yang sudah beraspal ke arah selatan menuju Candi Plaosan Kidul, karena Candi Plaosan Kidul ini terletak persis di selatan Candi Plaosan Lor.


Lokasi candi ini sama dengan Candi Plaosan Lor di Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Candi ini di bangun pada masa Rakai Pikatan dan konon menurut cerita yang ada candi ini diberikan kepada sang isteri Pramudya Wardhani sebagai hadiah. So sweet, keren yaw kisah percintaan pada zaman kerajaan terdahulu. Hadiahnya saja berupa candi. Kalau sekarang?hehe.


Dalam memasuki kompleks Candi Plaosan Kidul tidak dikenakan kontribusi. Sama seperti Candi Plaosan Lor, Candi Plaosan Kidul mengahdap ke barat selain itu pahatan yang halus dan rinci terlihat di sini. Walaupun memiliki persamaan, namun Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul memiliki banyak perbedaan. Candi Plaosan Lor terlihat megah dan agak komersial karena akan dikenakan kontribusi dalam memasukinya. Kompleks percandian lebih sempit bila dibandingkan dengan Candi Plaosan Lor. Candi Plaosan Kidul sering dilewatkan oleh para pengunjung hal ini ditandai dengan tidak seorang pun yang mengunjunginya ketika Ane ke sini. Candi Plaosan Lor masih terdapat dua candi utama yang berdiri megah, sedangkan pada Candi Plaosan Kidul candi utamanya tinggal sisa - sisa reruntuhannya saja. Ketika di lokasi Ane hanya melihat beberapa candi perwaranya saja.
Dengan adanya perbedaan tersebut bukan berarti candi ini tidak menarik untuk dikunjungi. Pada tahun 2003, di Kompleks dekat Candi Plaosan Kidul ini ditemukan sebuah prasasti yang diperkirakan berasal dari abad ke-9 M. Isi prasasti tersebut belum diketahui, namun menurut seorang epigraf yang ditugasi membacanya Tjahjono Prasodjo bahwa prasasti tersebut menguatkan dugaan kalau Candi Plaosan dibangun pada masa Rakai Pikatan.

Letak candi perwara paling utara
Candi ini nampaknya bercorak budha hal ini ditandai dengan adanya stupa di puncak candinya yang menjadi ciri khas dari candi - candi Budha.

Letak candi perwara di tengah
Candi Plaosan Kidul tidak terlihat dari Candi Palosan Lor, hal ini berbeda dengan Candi Plaosan Lor yang terlihat gagah berdiri di sana dari Candi Plaosan Kidul.

Candi Plaosan Lor yang terlihat megah di sana 
Banyak reruntuhan candi yang belum di pugar sekaligus pesan buat pemerintah yang mempunyai kapasitas menangani tentang bangunan kepurbakalaan supaya sisa reruntuhan candi segera di pugar agar lebih banyak lagi bentuk bangunan yang tersedia dan lebih banyak lagi pengunjung yang datang kemari.

Letak candi perwara paling selatan
Informasi yang Ane dapatkan mengenai sejarah candi ini hanya sedikit, selain cuaca yang semakin gelap disebabkan mendung pertanda akan segera turun hujan juga spot - spot yang ada di candi ini tidaklah luas dan banyak yang berupa reruntuhannya saja maka segeralah Ane pulang kerumah. Sampai di sini dahulu ya sob mengenai petualangan Ane dalam mengunjungi candi ini. Sampai jumpa.

2 komentar:

  1. Nice thhttp://ranselibeng.blogspot.com/?m=1read mas.
    Pengen petualang ke daerah jawa nih...
    Kalau mau ke sumbar, baca2 blog ini dulu mas,
    ranselibeng.blogspot.com

    Mohon komen nya juga ya..
    Terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kesini aja mas main ke jawa....
      Oke mas, tak ntar tak baca - baca blog sobat..
      Terima kasih sudah mampir ke blog saya

      Hapus

TENTANG ANE

Anis SobatAnis Sobat
Hello, My Name Is Anis Hidayah. I am no Drinking,Drug, Smoking, and Free sex. But yes Travelling, Touring, Mountaineering, visit the new site and meet by new people. Enjoy my life with my way myself. That's about me