Sabtu, 29 Agustus 2015

Memotret Lebih Dekat Keunikan Rumah Dome di Yogyakarta Part 2

Ane dan Mbok Giyem
Jika kita menggunakan bagian tubuhnya, kita dikenai biaya dan oleh karena itu kita hanya menggunakan seragam teletubbies di bagian kepala dan kakinya. Maklum sob, anak kost, hehehe. Eow iya Pasti sudah tahu kan keempat tokoh tersebut? ituloh tokoh film anak - anak yang cukup menggemaskan dan sempat tayang di layar televisi di tahun 2000 an yang terkenal dengan kata persahabatan "berpelukan". Oke Ane kasih dah gambarnya.


Lala mau main dahulu yaw sob
Rumah dome ini cukup unik karena berbentuk setengah bulat dan bercat putih serta tidak beratapkan genteng, tidak seperti pada rumah - rumah pada umumnya. Keberadaan rumah dome tidak bisa dilepaskan dari bencana yang terjadi pada 27 Mei 2006 lalu yang sempat memporakporandakan bangunan yang ada.


Ane di lantai 2 dalam rumah dome
Sebuah tangga di dalam rumah dome
Seluruh bangunan penduduk di dusun inipun hancur sehingga sudah tidak layak huni lagi. Akhirnya penduduk dusun inipun mendapat bantuan dari lembaga World Association Of Non-Govermental Organizations (WANGO) dan Domes For The World untuk membuat hunian baru namun dengan syarat konsep rumah dome. Konsep rumah dome ini konon katanya mempunyai tiga kelebihan yaitu tahan terhadap gempa, tahan dari kebakaran, dan tahan terhadap badai topan.



Rumah dome ini bisa dikatakan satu - satunya yang terdapat di Asia Tenggara loh, hebat kan. Dari luar rumah dome ini terlihat cukup kecil, namun begitu kita memasukinya rumah ini memiliki ruangan yang cukup luas dan siapa sangka bahwa rumah ini juga memiliki dua buah lantai dimana lantai pertama dan kedua dihubungkan dengan sebuah tangga. Hingga saat ini disini total ada 80 unit bangunan rumah yang sudah berdiri dengan rincian 71 rumah hunian, 9 fasilitas umum yang meliputi 1 buah mushola, 1 aula, 1 buah poskedes, dan 6 MCK umum.





Di tengah perjalanan Ane dan adik ane mengeksplorer tempat ini, kita bertemu dengan penduduk rumah dome yang ramah dan sudah tidak canggung lagi. Hal ini mungkin sudah menjadi pemandangan yang biasa bagi mereka sebagai penduduk. Bangunan rumah dome cukup modern dan tertata dengan rapi dan apik. Berbagai pohon tumbuh di sekitar rumah mereka diantaranya pohon pisang, pohon jambu dan sebagainya. Bangunan rumah dome ini Ane rasa sangat cocok bagi wisata anak - anak, karena berbagai macam permainan buat anak - anak tersedia disini dan bahkan di ujung utara gang teletubbies terdapat sebuah patung yang menggambarkan sebuah keluarga. Dua orang anak dan kedua orang tuanya serta saya yang tidak diakuinya (red-kasihan), hehehe



Menikmati suasana sore hari yang cerah di perkampungan rumah dome sungguh menyenangkan dan memberikan kenangan tersendiri bagi Ane. Sebenarnya semua rumah yang ada disini tidak sepenuhnya berbentuk setengah bulat saja, namun sudah ada beberapa rumah yang telah dimodifikasi sehingga bentuk rumahnya agak berubah walaupun tidak menghilangkan bentuk aslinya. Hal ini dilakukan mungkin dikarenakan rumah dome tersebut dirasa kurang luas oleh penduduk yang mendiaminya.




Semoga bentuk rumah dome ini tetap terjaga keasliannya sampai tua nanti. Karena keunikan dari bangunan inilah sudah banyak pengunjung yang datang kesini dan melihat sendiri suasana dari kampung rumah dome. Kini Dusun New Nglepen menjadi desa wisata. Penduduk setempat kini ada yang berprofesi sebagai pedagang makanan dan camilan serta ada juga yang menjual berbagai pernak - pernik yang tentunya berhubungan dengan rumah dome ini untuk para pengunjung yang bisa dibawa pulang sebagai buah tangan sehingga menaikkan taraf hidup perekonomian masyarakat. Mungkin inilah yang dinamakan dibalik bencana pasti ada hikmahnya.
Hari sudah semakin sore, kini saatnya kita berpamit yaw sob semoga sedikit catatan di atas dapat bermanfaat bagi sobat - sobat semua yang membacanya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TENTANG ANE

Anis SobatAnis Sobat
Hello, My Name Is Anis Hidayah. I am no Drinking,Drug, Smoking, and Free sex. But yes Travelling, Touring, Mountaineering, visit the new site and meet by new people. Enjoy my life with my way myself. That's about me