Minggu, 30 Agustus 2020

Blusukan ke Taman Seribu Batu Las Sengok Tulang Bawang Barat

Selepas mengunjungi Taman Faiz Way Sido, petualangan Ane lanjutkan kembali menuju obyek wisata selanjutnya. Tujuan selanjutnya yaitu Taman Seribu Batu, ada juga yang menyebutnya dengan Taman Batu Megalitikum atau bahkan hanya disebut dengan Las Sengok saja. Apapun itu namanya yang paling penting bagi Ane adalah bagaimana caranya Ane bisa sampai disana. Dengan mengandalkan google maps, sampai juga Ane di tempat ini walau sempat terjadi drama salah jalan sebanyak 2 kali. Jalannya terbilang cukup sempit namun sudah sangat baik bila dibandingkan dengan jalan-jalan yang ada di kabupaten tetangganya seperti Mesuji dan Tulang Bawang.


Disini Ane mulai mengerti mengapa Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) ini mulai ramai dikunjungi oleh para wisatawan, selain telah berdirinya beberapa obyek wisata yang cukup menarik juga dikarenakan faktor infrastruktur seperti jalan menuju obyek wisata yang sudah cukup baik. Lengkap sudah di tambah dengan keramahan warga sekitar. Dengan adanya 3 hal ini tentu kedepannya Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) akan semakin ramai dan maju. Ane yakin sebagus apapun obyek wisata itu bila kondisi jalan yang buruk dan keamanan yang buruk pula pasti tak ada wisatawan yang mau berkunjung.


Dari Taman Faiz Way Sido, waktu yang Ane perlukan untuk sampai sini tak banyak, hanya sekitar 25 menitan saja. Taman Seribu Batu Las Sengok terletak di Tiyuh (Desa) Karta, Kecamatan Tulang Bawang Udik, Kabupaten Tulang Bawang Barat, Lampung. Tak ada tiket masuk yang dikenakan begitu juga dengan parkir kendaraan alias free. Ane sempat bingung kenapa tidak ada tiket masuk, padahal obyek wisata ini sudah diresmikan. Tapi Ane bisa memakluminya karena memang Taman Seribu Batu ini sepenuhnya belum jadi 100%. Hal ini terlihat dari masih berlangsungnya proses pengerjaan.

Calon jalan berlorong yang sekarang dijadikan sebagai tempat parkir untuk sementara
Para pekerja yang sedang meratakan tanah sebagai tempat untuk meletakkan batu-batu nantinya
Juga masih terdapat alat berat yang sedang mengerjakan pekerjaannya
Ane yakin suatu saat nanti setelah proses pengerjaan selesai, bakal banyak wisatawan yang datang. Belum jadi saja sudah berhasil menarik perhatian Ane, apalagi nanti kalau sudah jadi? Hamparan batu dengan berbagai macam bentuk dan ukuran berdiri kokoh tersusun melingkar terlihat cukup eksotis. Jumlahnya tak ada seribu, bahkan seratus saja tidak ada. Kenapa disebut Taman Seribu Batu? Mungkin hanya untuk sebutan saja biar banyak orang yang penasaran sehingga menariknya untuk berkunjung. Okelah!



Selain bebatuan ada sisi lain yang dapat Ane nikmati, yaitu betapa indahnya di sekeliling lokasi. Dua buah sungai mengapit tempat ini dan pemandangan pepohonan kayu alam yang masih alami memberikan kesegaran bagi indra penglihatan. Tak banyak yang dapat Ane harapkan dari tempat ini, berbagai macam fasilitas belum tersedia mulai dari tempat pembuangan sampah, kamar kecil, hingga warung makan. Karena memang belum selesai proses pembangunannya.




Ane benar-benar kagum akan konsep wisata yang ada disini, kawasan rawa (lebung) saja bisa disulap menjadi lokasi yang bernilai. Tentu ini akan berdampak baik bagi perekonomian warga sekitar.

Cara Menuju ke Taman Seribu Batu Las Sengok Tubaba

Dari Jalan Lintas Sumatera (tepatnya di Pertigaan Desa Gunung Batin Ilir), belok kearah barat (Kiri dari arah Kota Bandar Lampung atau kanan dari arah Kota Palembang) melalui Jl. Way Abung lurus terus hingga kurang lebih 16,3 Km menemukan Pasar Daya Murni. Maju sedikit ada perempatan.

Tepat di pojok barat laut perempatan tersebut terdapat sebuah masjid bernama Masjid Agung Al-Mustaqim. Beloklah kearah kanan (utara), maju sedikit di sebelah kanan terdapat Kantor Polsek Tulang Bawang Udik. Berarti sobat sudah berada di jalan yang benar. Lurus terus ikuti jalan ini sejauh 12 Km hingga mentok sampai di Tiyuh (Desa) Karta. Kemudian belok kanan sejauh 100 meter hingga mentok. Lalu belok kiri dan ikuti jalan ini hingga sejauh kurang lebih 1 Km. Setelah melewati jembatan, cermatilah area sekitar tanah rawa-rawa ini terutama di sisi kiri jalan. Taman Seribu Batu Las Sengok Sudah dapat terlihat dari kejauhan.

Baca juga:  Stonehenge Jogja, apakah ada yang beda???

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TENTANG ANE

Anis SobatAnis Sobat
Hello, My Name Is Anis Hidayah. I am no Drinking,Drug, Smoking, and Free sex. But yes Travelling, Touring, Mountaineering, visit the new site and meet by new people. Enjoy my life with my way myself. That's about me