Senin, 07 Juli 2014

TRIP TO SOLO

Pada tanggal 4 Desember 2010 ane bersama 9 orang teman sekelas ane mengunjungi salah satu kota yang sangat terkenal di Indonesia yang berada di Jawa Tengah yaitu Kota Solo. Sebelumnya tidak ada rencana khusus mau kemana kita liburan kuliah pada hari sabtu dan minggu ini. Akhirnya kita putuskan Kota Solo lah yang menjadi destinasi kita. Sebenarnya jarak Kota Solo dari Kota Yogyakarta tidaklah jauh hanya sekitar 70 Km an. Agar suasana berbeda dan menimbulkan sensasi tersendiri, kereta api lah yang menjadi kendaraan kita semua dalam menuju ke sana.
Kita janjian langsung bertemu di Stasiun Lempuyangan yang menjadi titik awal pemberangkatan kita Pada pukul setengah 11 siang, karena kita berangkat dari Yogyakarta pukul setengah 2 siang. Tidak terbayang dah pulang dari Solo jam berapa, jam segini saja baru mau berangkat menuju ke sana.
Okelah, setelah saling tunggu menunggu, akhirnya pukul setengah 11 siang sudah pada kumpul semua dan langsung membeli tiket kereta api. Kita sempat bingung juga, langsung mau masuk ke dalam apa pulang dahulu ke rumah karena masih jam setengah 2 kita berangkatnya. Tanpa basa basi akhirnya kita memutuskan untuk langsung masuk ke dalam sembari bermain-main dahulu di dalam stasiun.

Suasana di dalam Stasiun Kereta Api Lempuyangan

Sembari menunggu jadwal keberangkatan kita, main-main dahulu di dalam Stasiun Lempuyangan.

Mulai foto di rel kereta api,

Berfoto bersama kereta api, hehe

Inilah yang menjadi bacground dari Stasiun Lempuyangan

Tiga jam sudah berlalu, akhirnya kereta api yang kita tunggu-tunggu sudah datang dan saatnya kita semua masuk ke dalam kereta menuju Kota Solo, daaah Jogja. Canda tawa menyertai kita di tengah perjalanan. Satu setengah jam berjalan dan akhirnya sampailah kita di Stasiun Purwosari. Selamat datang Kota Solo

Bergegas dari stasiun Purwosari menuju Keraton Solo. Di sini kita bisa mengunjungi beberapa tempat sekaligus, seperti Pasar Klewer, Masjid Agung Surakarta, Alun-alun Surakarta, PGS dan lain sebagainya. Dari stasiun ini kita masih harus naik kendaraan lagi baik bus, angkot, becak, maupun Batik Solo Trans. Kita memilih bus saja, selain harga ekonomis juga menimbulkan sensasi yang berbeda, hehe

Seperempat jam kemudian ane sudah sampai di patung putra daerah yang sangat berjasa di Kota Solo, yaitu Slamet Riyadi.

Di sekitar patung ini, terdapat sebuah patung yang cukup menarik juga lo sob, nieh patungnya

Bergerak menuju ke arah barat, tepat berada di depan PGS, terdapat beberapa warung makan yang menyediakan makanan khas Solo, akhirnya kita tertarik untuk mencicipi makanan khas tersebut.

Puas berfoto-foto di sekitar Patung Slamet Riyadi dan juga makan sore, selanjutnya kita bergerak ke arah selatan menuju Kraton Surakarta. Pertama-tama kita memasuki gapura dan berjalan di bawah pohon beringin yang rimbun,

Tidak lama kemudian, sampailah kita di Masjid Agung Surakarta. Letak bangunan masjid, Keraton, dan alun-alun Kota Surakarta sama persis yang ada di Yogyakarta. Mungkin hal ini di sebabkan dahulu Keraton kasultanan Surakarta dan Yogyakarta masih berada di bawah satu kerajaan yaw yaitu Mataram. Letak bangunan Masjid ini berada di sebelah barat Alun-alun Surakarta

Berbeda dengan letak Masjid Agung Surakarta, letak Kraton Surakarta sendiri terletak di sebelah selatan Alun-alun Surakarta.

dan inilah letak Alun-alun Surakarta sendiri

Puas berkeliling Kota Solo dan hari sudah sore, akhirnya kita pulang menggunakan kereta api kembali. Dari Alun-alun Kota Solo, kita harus naik bus atau angkot kembali untuk menuju Stasiun Purwosari.

Selamat tinggal Kota Solo, kita pastinya tak akan melupakan kamu yang banyak menyimpan kenangan bagi kita semua.