Minggu, 06 September 2015

Selain Karanganyar, Grojogan Sewu pun Ada di Kulonprogo yogyakarta

Pada hari sabtu kemarin, 5 September Ane bersama dengan sobat Ane sebutlah dia Hanna, Sofi, dan saudaranya Sofi panggil saja mas Ajis berangkatlah kita ke Kulonprogo dan tentunya tiada lain dalam acara ngebolang ria. Tujuan pertama kita adalah Grojogan Sewu. Sebenarnya obyek wisata ini bukanlah menjadi tujuan pertama kita melainkan Air Terjun Setawing, dikarenakan Air Terjun Setawing tidak ada airnya maka Grojogan Sewulah yang akhirnya menjadi tujuan pertama kita. Grojogan Sewu tersebut berlokasi di Dusun Beteng, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kulonprogo, DIY.


Lima hari sebelum keberangkatan pastinya kita janjian terlebih dahulu dong tempat mana yang akan kita tuju. Kebetulan Ane sebagai koordinatornya dan ketika itu Ane hanya mengusulkan nama tempat saja yakni jelajah goa dan air terjun yang ada di Kulonprogo, karena sebelumnya Ane sempat mencari beberapa informasi dari beberapa blog yang membahas bahwa di Kulonprogo banyak terdapat obyek wisata air terjun maupun goa. Tanpa ba bi bu lagi akhirnya sobat Ane sofi dan Hanna serta seorang sobat Ane langsung menyetujuinya namun seorang sahabat Ane ini akhirnya tidak jadi ikut.
Hari demi hari telah kita lalui dan kini tibalah waktunya yang sudah kita sepakati bersama untuk ngebolang bareng ke Kulonprogo. Tak disangka - sangka seorang sobat Ane yang ikut menyetujuinya tidak jadi ikut, yawsudahlah gak apa - apa mungkin dia sedang sibuk. Di saat itu juga tak di sangka dan di nyana sobat Ane si Sofi membawa saudaranya mas Ajis untuk ikut dalam acara ini. Tambah semangat gumamku karena Ane akhirnya tidak jadi menjadi orang yang paling cantik di antara mereka, hehehe asyik gulung - gulung sambil koprol.
Berangkat dari Kota Yogyakarta, Kita arahkan kendaraan kita menuju ke arah barat melewati Jl. Godean - Nanggulan - setelah melewati jembatan sungai progo kita bertemu dengan perempatan Nanggulan - kemudian kita mengambil arah ke kiri menuju Janti - setelah kita bertemu dengan sebuah pertigaan yang ditandai dengan adanya puskesmas, kita kemudian berbelok ke arah kanan dan mengikuti jalan yang ada - lurus terus sampai pada akhirnya menemukan pasar Sribit - masih terus lurus - ketemulah kita pada sebuah pertigaan yang mana bila lurus ke arah Goa Kiskendo dan bila belok ke arah Godean atau Jogja - ambillah kita ke arah Goa Kiskendo - ketemu pasar Jonggrangan - sebelum menemukan sebuah pertigaan besar lagi yang mana lurus ke arah Goa Kiskendo dan ke kanan ke arah Goa Maria Lawangsih, ada sebuah jalan masuk ke arah Grojogan Sewu - masuklah kita ke jalan tersebut. Disitu ternyata sudah banyak papan petunjuk sehingga tidak membuat kita bingung. 3 Km dari belokan tersebut sampailah kita di obyek wisata Grojogan Sewu.


Eow iya jalan sepanjang 3 km tersebut jangan bayangkan mulus dan beraspal yaw, tapi hmmm lumayan rusak bahkan cenderung hancur. Seharusnya kondisi jalan seperti ini harus mendapat perhatian dari pemerintah apalagi jalan ini sangat penting dalam menuju lokasi air terjun yang memiliki potensi yang sangat luar biasa indahnya sehingga banyak para pengunjung yang datang ke lokasi dan menambah pemasukan bagi warga desa setempat. Lihat saja Grojogan Sewu di Karanganyar yang berada di sebelah jalan besar dan mulus, banyak para pengunjung yang berkunjung kesana bukan???. Sesampainya di lokasi lantas kita menitipkan kendaraan kita terlebih dahulu dan membeli tiket sebelum memasuki air terjunnya. Lokasi penitipan kendaraan bermotor bisa sobat lihat pada gambar di atas yaw. Adapun harga tiket masuknya dapat dilihat di bawah ini.


Lokasinya sungguh asri, di sepanjang kanan dan kiri jalan tampak berbagai tanaman perkebunan tumbuh mulai dari tanaman pohon kelapa, salak, dan lain sebagainya. Jalan yang kita lewati tidaklah sulit karena sudah dibuat berundak - undak sehingga memudahkan bagi para pengunjung dalam menuju air terjunnya.


Tampaknya Grojogan Sewu ini terawat dengan apik, tak hanya jalan saja yang dibuat berundak - undak namun papan petunjuk dan bahkan Grojogan Sewu ini sudah memiliki akun facebook sendiri loh. Mau berteman? syok atuh mangga.



Di tengah perjalanan kita menemukan sebuah gubuk kecil mirip seperti gazebo yang terdapat di pinggir tebing jurang. Kita pun senang dan tentunya tidak mau melewatkan kesempatan begitu saja. Foto dengan berbagai gaya pun kita tunaiakan (hehehe). Habis tidak nahan sieh dengan pemandangan yang ditawarkan olehnya.




Setelah narsis dan sebagainya perjalanan kita lanjutkan menuju lokasi dimana air terjunnya berada. Jalan yang kita lalui semakin terjal harus menuruni track yang ada di pinggiran tebing namun sudah dibuat berundak - undak. Kelihatannya sudah dekat tujuan kita, hal ini ditandai dengan suara gemercik air yang jatuh menuruni tebing. Benar juga, air terjunnya malu - malu mulai menampakkan dirinya di balik tebing.


Air terjunnya terbilang tidaklah terlalu tinggi memang bila dibandingkan dengan Grojogan Sewu yang ada di Karanganyar, Jawa Tengah. Selain itu memiliki debit air yang tidak terlalu deras mungkin dakarenakan faktor musim kemarau namun memiliki air yang sangat jernih. Tak lengkap rasanya bila sudah sampai di lokasi tanpa menyentuh airnya bukan??? sebetulnya berbagai aktifitas dapat kita lakukan di sini seperti cuci muka, mandi atau hanya menikmati pemandangan yang ada. Kita hanya memutuskan untuk cuci muka dan menikmati pemandangan alam sekitar saja tanpa mandi karena kita pikir nanti saja mandinya di air terjun lainnya. Perlu sobat ketahui bahwa kawasan di Girimulyo ini banyak terdapat obyek wisata air terjunnya seperti Air Terjun Sigembor, Air Terjun Kembangsoka, Kedung Pedut, dan lainnya.




Bila sobat ingin berkunjung kesini dan ingin mandi, hati - hati yaw sob karena lubuk air terjun ini memiliki kedalaman kurang lebih 5 meter.


Pemandangan alam sekitarpun sungguh memukau. Masih banyak terdapat batu - batuan dan berbagai macam pepohonan di sekitar sungai sehingga menambah keeksotisan air terjun ini. Mau? syok atuh datang saja langsung kesini dan rasain sendiri keeksotisan air terjunnya.

Air mengalir di celah - celah bebatuan sungai

Puas menikmati Grojogan Sewu, perjalanan kita lanjutkan menuju ke Goa Kiskendo.

2 komentar:

  1. wah kenapa fokus saya sama yg baju ijo mas?? haha hadeeehhh pizzz... emang keche nie grojogan dah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. weh weh,,,, besok tak sampaikan ke temenku dah,,, hahaha. iya mas air terjunnya keche banget, apalagi pas musim hujan debit airnya tambah besar bisa untuk gebyuran (mandi besar), pizzzzz

      Hapus

TENTANG ANE

Anis SobatAnis Sobat
Hello, My Name Is Anis Hidayah. I am no Drinking,Drug, Smoking, and Free sex. But yes Travelling, Touring, Mountaineering, visit the new site and meet by new people. Enjoy my life with my way myself. That's about me