Kamis, 21 Juli 2016

Gudeg Yu Narni, Ada Pilihan Krecek Basah dan Keringnya

Yogyakarta memang Kotanya Gudeg sob. Banyak sekali para penjual gudeg yang tersebar di setiap sudut kota ini dari yang belum terkenal hingga sudah sangat terkenal. Kali ini Ane akan menceritakan tentang salah satu gudeg yang kemarin baru Ane coba yakni Gudeg Yu Narni. Ada beberapa tempat sieh sob Gudeg Yu Narni ini di jual, yang menjadi cikal bakal ada di Jl. Margo Utomo, Kebondalem (selatan Tugu Yogyakarta), pusatnya ada di Jl. Kaliurang Km. 4,5 Karangasem CT III/19 (Utara Fakultas Kehutanan UGM), cabangnya ada di Jl. Palagan Tentara Pelajar 102 (Monjali ke utara 200 meter) dan di Jl. Magelang Km. 11 Beran Lor, Tridadi Sleman.



Ane memilih mencoba yang ada di Selatan Tugu Jogja aja sob, biasanya kalau tempat yang menjadi cikal bakal itu punya citarasa yang yahuuud dan sudah tidak diragukan lagi rasanya. Jaraknya yang cukup dekat dengan kost Ane membuat perjalanan Ane tidaklah memerlukan banyak waktu.



Warungnya cukup sederhana berbentuk memanjang dengan warna cat pink yang mendominasinya. Hanya ada sebaris meja dan kursi saja yang terpasang, Ya, tak lebih dari 4 buah saja. Berbagai macam piagam atau sertifikat tertempel di dinding - dinding bahkan Gudeg Yu Narni ini pernah mendapatkan rekor Muri tahun lalu.



Di setiap tempat duduknya terdapat daftar menu yang dapat di pesan. Setidaknya ada dua macam pemesanan yang tertera di situ, pemesanan dalam bentuk paket nasi gudeg yang di jual mulai dari 10k hingga 30k dan pemesanan dalam bentuk paket gudeg besek dan kendil yang di jual mulai dari 30k hingga 240k.



Tentu Ane pesan tak muluk - muluk pakai 1 ekor ayam atau setengah ekor ayam sob, secara Ane cuman seorang diri mana mungkin bisa menghabiskannya. Agar habis pesanlah Ane nasi gudeg krecek paha yang dibanderol dengan harga 17k saja dan aqua gelas sebagai minumannya. 
"Mau pakai krecek basah atau kering mas?", tanya Sang Pegawai yang kebetulan seorang wanita muda kepada Ane dimana Ane tak mengetahuinya kalau di warung ini ternyata menyediakan dua macam krecek.
"Krecek basah aja Mbak", balas Ane dengan cepatnya.
Pelayanannnya pun terbilang sangat cepat, tak sampai 3 menit kini pesanan yang Ane pesan sudah ada dihadapan Ane.



Seporsi nasi gudeg krecek paha disajikan menggunakan piring yang terbuat dari anyaman rotan yang di atasnya diberi alas berupa daun pisang. Seporsi nasi gudeg tersebut berisikan gudeg, nasi putih, krecek basah, areh berwarna krem, dan tentunya daging paha ayam itu sendiri. Bagi penyuka rasa pedas didalamnya juga sudah terdapat biji cabai yang siap membakar lidah. Ada yang Aneh sob terjadi pada kreceknya, menurut Ane malah cenderung menyerupai sayur tempe yang diolah bersamaan dengan kerupuk rambak.



Bagaimanakah dengan rasanya? Hmmm, enak sob. Gudegnya terasa manis dan arehnya terasa nikmat di mulut, begitupula dengan kreceknya yang memang terasa seperti sayur tempe. Lengkap sudah dengan adanya biji cabai ini yang benar - benar membuat gudeg ini semakin lezat. Satu kata untuk ini semua,"Wuenak tenan".



Soal harga sudah pada tahu kan sob berapa harganya? Yapz cuman 18k saja dengan rincian 17k untuk nasi gudeg krecek paha dan 1k untuk sebuah aqua gelas.



Bila sobat bertandang ke Jogja, tak ada salahnya donk mampir ke tempat ini. Letaknya yang sangat strategis membuat warungnya sangat mudah untuk ditemukan. Caranya cari saja Tugu Jogja yang sudah terkenal itu dan bergeraklah ke arah selatan melalui Jl. Margo Utomo hingga sejauh kurang lebih 75 meter sobat akan menemukan sebuah belokan (gang) pertama ke arah kiri (timur). Beloklah kedalam belokan tersebut. Gudeg Yu Narni ini berada tepat di pojokan belokan tersebut. Atau persis di belakang gapura.



Setelah membayarnya Ane pun tak ingin segera pulang sob, tapi meminta izin dahulu untuk mengambil gambar menu - menu makanan yang ada dan mbaknya menginzinkannya. Jadi gudeg yang di jual di Yu Narni ini termasuk jenis gude kering, dan inilah sob foto - foto yang berhasil Ane abadikan di memori kamera Ane.


Gudeg kering
Areh berwarna krem

Berdasarkan informasi yang Ane dapatkan dari tempelan sebuah kertas di dinding bahwa warung ini buka dari jam 5 pagi hingga 11 malam. Wow, cukup lama bukan? Berikut No. HP yang bisa dihubungi: 081231118825 atau (0274)543713.



Sampai jumpa!

4 komentar:

  1. Balasan
    1. Semacam Kuah santal kental bund,,, :-)

      Hapus
  2. halah liat cabenya bertumpuk gitu buat ngiler aja neh... wuih enak, jadi pengen makan gudeg lagi he he he...
    mas, mungkin kalau pakai krecek kering ga begitu aneh rasanya mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak bener,,, eh ini malah menyerupai sayur tempe,,, hehehe

      Hapus

TENTANG ANE

Anis SobatAnis Sobat
Hello, My Name Is Anis Hidayah. I am no Drinking,Drug, Smoking, and Free sex. But yes Travelling, Touring, Mountaineering, visit the new site and meet by new people. Enjoy my life with my way myself. That's about me