Kamis, 28 Juli 2016

Warung Makan Sambal Korek Pak Topo, Semua Menunya Serba Kremes

Di Yogyakarta banyak sekali sob yang namanya warung penyetan, hampir di semua daerah kita dapat menjumpainya dengan mudah. Rata - rata warung penyetan menawarkan harga yang miring sehingga tak ayal bila warung penyetan selalu menjadi alternatif tempat makan yang banyak diserbu oleh pembeli terutama di kalangan pelajar dan mahasiswa. Sobat pasti sudah tahu kan kalau Kota Jogja ini dikenal sebagai Kota Pendidikan? So, cocoklah. Dari sekian warung penyetan yang ada, setidaknya ada salah satu warung penyetan yang berhasil membuat Ane penasaran. Warung penyetan apakah itu? ya, "Warung Makan Sambal Korek Pak Topo" lah namanya yang terletak di Jl. Manggis, Klebengan, Desa Catur Tunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.



Letaknya yang cukup dekat dengan kampus Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan Universitas Gajah Mada (UGM) membuat perjalanan Ane tak membutuhkan waktu yang lama karena Ane sendiri ngekost tak jauh dari kedua kampus tersebut. Sesampainya disana, terlihat sudah banyak para pengunjung yang datang memadati warung tersebut. Ada yang sedang menikmati menu makanannya dan adapula yang sedang membayar.



Beruntung masih ada tempat yang kosong yang dapat Ane tempati, sambil melihat daftar menu yang ada, akhirnya Ane putuskan untuk pesan ayam kampung 1/4 saja. Selain ayam kampungnya, sebenarnya ada beberapa pilihan menu yang dapat Ane pilih sob diantaranya ayam goreng potong, lele goreng, tempe, telur, hingga terong goreng. Sedangkan untuk minumanya, segelas air sehat siap menemani Ane. Why?, lagi - lagi selain teh dan jeruk tak ada lagi pilihan menu minumannya.
Begitu Ane selesai mengisinya, kemudian Ane kasihkan kertas pemesanan ini ke salah satu pegawainya. Disini para pengunjung bisa langsung melihat proses pemasakannya, nah menariknya disini sob semua menu pemesanan di goreng kremes. Oke, setelah sekian lama menunggu karena Ane harus mengantri dulu akhirnya datang juga pesanan yang Ane pesan. Seporsi ayam goreng kremes dan segelas air putih.



Sedangkan untuk nasi dan sambalnya mengambil sendiri sesukanya. Tapi Ane tak mau langsung ambil banyak begitu saja sob, lebih baik ambil dikit kalau kurang nambah daripada banyak sekaligus tetapi malah tidak habis. Sayang bukan nasinya? sedangkan di luar sana masih banyak orang kelaparan yang lebih membutuhkannya, ceileh uwek. Sebenarnya Ane masih bingung sob, nama warung ini kan Warung Sambal Korek Pak Topo tentu ada yang spesial donk dengan sambal korek tersebut. Tapi disini perlakuannya malah nggak mencerminkan kalau sambal tersebut istimewa, buktinya aja suruh ngambil sendiri. Ah, ntahlah.



Tak mau berlarut - larut dalam kebingungan, Ane langsung saja melihatnya, memfotonya kemudian langsung menyikatnya. Secara penampilan ayam kremes ini tak jauh beda dengan ayam - ayam kremes lainnya, ayam yang di kremes. Begitupula dengan sambal koreknya yang terbuat dari lombok rawit nan menggoda.



Lalu apa yang istimewa dari ayam kremes dan lombok ini ya? Hmmm, setelah Ane mencobanya ternyata kremesnya itu renyah sekali sob dan daging ayam kampungnya sangat gurih sekali. Lengkap sudah nikmatnya menu ini dengan hadirnya sambal korek yang segar dan pedasnya dapat membakar lidah ini. Satu kata deh sob buat menu makanan ini," wuenak tenan".



Soal harga masih bersahabat dengan kantong sob, seporsi ayam goreng kampung, seporsi nasi putih yang dapat diambil semaunya, serta segelas air putih hanya dibanderol dengan harga 20,5k saja. Gimana sob, tertarikkah untuk mencicipinya? harga tersebut tentunya akan lebih murah lagi kalau pilihan menunya menggunakan daging ayam potong dan sekedar makan telur atau lele kremes saja.
Cara menuju Warung Sambal Korek Pak Topo:



Jalan menuju kesini itu searah dengan jalan menuju Loempia Boom Jogja sob, dari Gedung Rektorat UNY, bergeraklah ke arah timur melalui Jl. Colombo hingga mentok di pertigaan lampu merah. Beloklah ke arah kiri (utara) melalui Jl. Gejayan hingga menemukan Selokan Mataram (selokan dalam bahasa jawa yang berarti saluran pembuangan air). Nah, dari sini beloklah ke arah kiri (barat) melalui Jl. Bougenvile dan melewati Fakultas Teknik UNY. Maju sedikit ada perempatan, masih maju sedikit hingga sobat menemui belokan ke arah kanan (utara). Tak usah ragu - ragu, masuklah sobat kedalam belokan tersebut dan ikuti jalannya yakni Jl. Manggis hingga sobat menemui Warung Sambal Korek Pak Topo ini yang berada persis di sebelah kanan jalan, menikung ke arah kanan (timur).



Jam buka warunnya: Pukul 09.00 - 21.00 WIB
Selamat menikmati!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TENTANG ANE

Anis SobatAnis Sobat
Hello, My Name Is Anis Hidayah. I am no Drinking,Drug, Smoking, and Free sex. But yes Travelling, Touring, Mountaineering, visit the new site and meet by new people. Enjoy my life with my way myself. That's about me