Jumat, 22 Juli 2016

Gurihnya Wader Goreng dan Sambal Belut Warung Makan Pak Suko

Sudah hari sabtu aja ya sob, selamat menikmati weekend lah buat yang sedang menikmatinya. Beruntung hari ini cerah jadi bisa ngelayap lagi buat cari makan. "Tapi Di daerah mana ya?", begitulah sekilas yang terlintas di benak Ane. Masa ke Kulonprogo lagi, memang sehari yang lalu Ane kesana dan menu makanan yang Ane coba ikan wader khas Sungai Progo. Eh, ntah kenapa dan mengapa Ane kok ingin merasakan lagi yang namanya ikan wader tapi beda lokasi yakni di daerah Bantul. Setelah searching - searching nemulah lokasi yang sangat direkomendasikan buat di coba yakni Warung Makan Wader Pak Suko yang terletak di Sampangan, Desa Baturetno, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.



Lokasinya yang cukup dekat dengan kost Ane membuat perjalanan yang Ane lakukan tidaklah lama, sekitar 15 menitan saja. Sepertinya warungnya baru saja buka, maklum Ane sampai sini tepat pukul setengah 11 siang. Tak ada kendaraan selain kuda hijau Ane sendiri. Warungnya cukup luas yang terbuat dari bambu dan beratapkan sebagian genting dan sebagian lagi berupa seng. Samping kiri dan kanan masih didominasi persawahan yang sedang ditanami oleh tanaman pertanian. Tak hanya warungnya saja yang luas, tetapi juga lahan parkirnya. Jangankan motor atau mobil pribadi, kendaraan umum berupa bus saja bisa masuk kedalamnya.



Tak ingin berlama - lama di parkiran, masuklah Ane kedalam. Sesampainya di dalam Ane langsung mencatat menu apa yang hendak Ane pesan. Kata salah satu pelayannya menu makanan yang ada baru tersedia wader goreng dan sambal belut saja, sedang yang lainnya belum matang. Sesuai dengan rencana Ane, Ane catat dalam kertas pemesanan tersebut seporsi wader goreng, seporsi sambal belut, dan tentunya seporsi nasi putih. Orang Indonesia lho sob, belum makan namanya kalau belum makan nasi. Sedangkan minumannya Ane pesan kopi panas saja, enak nieh pagi menjelang siang begini ngopi - ngopi dulu.



Tempatnya cukup bersih, angin yang berhembus pun cukup menyejukkan hati. Namun tempat yang cukup nyaman ini tak dbarengi oleh ramah tamahnya pelayan. Ketika Ane tanya - tanya tentang menu - menu yang ada, eh lakok pelayannya ini agak jutek dan malas buat menjawabnya. Okelah itu nggak masalah, yang penting kan rasa menu makanannya, ya nggak sob?



Cukup lama juga Ane menunggunya dan lama - kelamaan para pengunjung pun sudah mulai berdatangan. Sama seperti Ane, mereka juga harus menunggu yang cukup lama, yaiyalah tentunya Ane duluan baru mereka yang dilayaninya. Kalau nggak gitu Ane bisa protes. Oke, setelah menunggu dalam waktu yang cukup lama sekitar 35 menitan, kini semua pesanan yang Ane pesan sudah ada di depan mata Ane.


Ini wader gorengnya
Yang ini sambal belutnya
Secara penampilan wader goreng tetaplah wader goreng, ikan bertubuh kecil, mempunyai sisik dan duriya bisa di makan. Tapi wader disini beda lho sob dengan wader yang khas dari Kulonprogo seperti di Warung Makan Mbah Juri yang mempunyai bentuk lebih besar. Eh, tapi ada yang aneh sob wader goreng disini bukanlah semuanya pure ikan wader, tetapi adapula sebiji udang dan dua biji anakan ikan gabus. Oke, nggak apa - apalah. Wader ini diolah menggunakan tepung dan disajikan bersamaan dengan lalapan kemangi dan irisan buah mentimun. Sekaranglah saatnya buat icip - cip. Rasanya cukup renyah kriuk - kriuk, enak nan lezat serta gurih pula. Sepertinya dari minyak dan tepung yang digunakan bukanlah tepung biasa sob, melainkan tepung pilihan. Hal ini bisa dirasa dari indera perasa Ane.



Sekarang untuk sambal belutnya. Sambal belut disajikan menggunakan cobek berwarna hitam. Secara penampilan sambal belut ini disajikan masih menyerupai bentuk aslinya berupa belut dan tentu sudah matang yang di uleg bersamaan dengan lombok dan bumbu lainnya. Begitu mendarat di mulut Ane, yang Ane rasakan adalah makanan yang gurih terasa pedas serta ada semacam rasa bangsa serai didalamnya.



Cukup lama juga Ane menghabiskannya, kenapa? karena nasinya terbilang cukup sedikit sehingga habis duluan dan porsi wader goreng dan sambal belutnya terbilang cukup banyak. Begitu nasinya habis ya langsung aja ngemil wader goreng dan sambal belutnya. Untuk semuanya cuman ada dua kata deh sob, yaitu wuenak tenan, le leduk. Pokoknya nieh makanan lezat banget deh sob, sangat rekomended sekali.



Soal harga cukup bersahabat kok sob, untuk semuanya dihargai sebesar 24k saja dengan rincian seporsi wader goreng dan nasinya 12k, seporsi sambal belut 10k, dan segelas kopi panas 2k. Sebenarnya selain dua menu yang Ane sebutkan di atas, ada menu lain yang dapat di pesan sob seperti kutuk (ikan semacam ikan gabus), lele, nila, dan oseng - oseng. Sementara untuk sambalnya ada juga sambal bawang. Lebih jelasnya, Ane cantumkan notanya aja ya sob.



Oiya, gambaran rutenya juga Ane cantumkan. Barangkali sobat - sobat semua memerlukannya.
Dari Titik Nol Kilometer Kota Jogja bergeraklah ke arah timur melalui Jl. Panembahan Senopati, Jl. Sultan Agung, dan Jl. Kusumanegara melewati Kebun Binatang Yogyakarta (Gembira Loka Zoo) hingga menemukan perempatan lampu merah setelahnya. Dari sini beloklah ke arah kiri (utara) melalui Jl. Janti hingga sobat akan menemui lagi perempatan lampu merah di Jl. Ringroad Timur. Beloklah ke arah kanan (selatan) melalui Jl. Ringroad Timur hingga menemukan perempatan lampu merah lagi. Dari sini beloklah ke arah kiri (timur) melalui Jl. Raya Wonosari hingga perempatan lampu merah pertama (Perempatan Wiyoro). Masih lurus lagi sejauh 300 meter di Km. 7,2 sobat akan menjumpai SD Sekar Suli di sisi kiri (utara) jalan. Tepat setelah SD ini ada belokan ke arah kiri (utara). Beloklah ke belokan tersebut hingga kurang lebih 650 meter sampailah sobat di tempat yang sobat maksud.



Warungnya terletak di sebelah kiri (barat) jalan.
Jam buka warung: Pukul 10.30 - 14.00 WIB.
Selamat menikmati!

2 komentar:

  1. Waaah... enak tuh Wader goreng. Tapi gorengnya harus kering, karena kayaknya kalau gorengnya gak kering bisa keselek tulang ikannya. Hehehe... kayaknya sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha,,, bisa aja Mas Mirwan, :-)

      Hapus

TENTANG ANE

Anis SobatAnis Sobat
Hello, My Name Is Anis Hidayah. I am no Drinking,Drug, Smoking, and Free sex. But yes Travelling, Touring, Mountaineering, visit the new site and meet by new people. Enjoy my life with my way myself. That's about me