Minggu, 20 Maret 2016

Loempia Boom Jogja, Ukuran Lumpianya Tak Seperti Biasanya

Sebenarnya Ane kesini tak sengaja sob, waktu itu Ane cari - cari informasi di internet tentang tempat - tempat mana saja yang sangat direkomendasikan untuk wisata kuliner di Kota Yogyakarta ini. Nah, secara tak sengaja Ane malah menemukan artikel yang mengulas tentang kedai ini. Dari ulasan tersebut terlihat sangat menarik dan karena itulah akhirnya membuat Ane penasaran. Barulah pada tanggal 19 Januari kemarin Ane berhasil menyambanginya. Ya, kedai tersebut bernama "Loempia Boom" yang terletak di Jl. Manggis, Klebengan, Catur Tunggal, Kec. Depok, Kab. Sleman, Yogyakarta.


Beruntung tempatnya yang tak begitu jauh dari kost Ane membuat perjalanan Ane begitu singkat tak lebih dari 8 menit saja untuk sampai sini. Kedainya cukup kecil, Ane taksir luasnya tak lebih dari 28 meter persegi. Nampak sudah ada beberapa pengunjung yang datang, ada yang beli dan di makan di tempat, adapula yang beli dan di bungkus untuk di bawa pulang. Ane sendiri lebih memilih di makan di tempat saja dengan pertimbangan kalau di bawa pulang rasanya tuh sudah agak beda sedikit.


Ada berbagai jenis menu makanan yang dapat di pilih di antaranya ada Loempia Boom dengan berbagai macam menunya seperti Loe-Boom Ayam, Loe-Boom Baso, Loe-Boom Jamur, dan bahkan ada juga lho sob Loe-Boom Boombastic. Selain itu ada juga menu sayuran seperti Ca Kangkung dan oseng jamur. Jenis menu makanan yang lainnya ada berbagai macam menu Nasi Goreng, Spageti Boom dan Chicken Teriyaki.



Untuk minumannya pun tak kalah banyaknya, ada berbagai jenis menu minuman yang dapat di pilih di antaranya original dengan berbagai macam menu seperti teh tawar, teh manis, djeroek, dll. Selain itu juga ada Djoes Rame - rame seperti Djoes mangga, alpukat, jambu, dan lain sebagainya. jenis minuman yang lainnya ada Milkshake seperti milkshake cokelat, stroberi, vanila, dll. Dan yang terakhir terdapat juga spesial drink berupa ocean blue, mix berry, rainbow squash, dan lain sebagainya. Silahkan baca sendiri ya sob!



Setelah memperhatikan dengan seksama, kemudian Ane mengambil selembar kertas pesanan dan mengisinya dengan pesanan apa yang akan Ane pesan. Tentunya sebagai minumannya Ane tak pesan es teh manis maupun yang berhubungan dengan jeruk dong, kan banyak pilihannya selain itu. Kali ini Ane pesan Djoes Alpukat sebagai menu minumannya, Loe-Boom Boombastic sebagai wakil dari loempianya, sehubungan Ane lumayan lapar sebagai menu makanannya Ane pilih Nasgor Boom Spesial. Pokoknya kali ini Ane mau pesan yang spesial - spesial aja deh. Cukup lama juga sieh Ane menunggunya, ya sekitar 15 menitan lah. Dan kemudian treteng, treteng, treteng, datanglah pesanan pertama Ane. Segelas Djoes Alpukat



Datangnya pun satu - persatu, okelah nggak apa - apa. Secara penampilan djoes alpukat ini disajikan tidak sembarangan, Berbagai motif ukiran pun di lukis di atasnya. Salah satunya motif bunga. Ane suka bunga? tidak sob, Ane mah sukanya makan di gratisin, hehe. "Nyambung?", enggak, yasudah nggak apa - apa. Eh datang lagi pesanannya.



Loe-Boom Boombastic. Ane sangat suka sob yang namanya makan dan tak hanya dari makanannya saja yang diperhatikan, tetapi juga tempat makannya. Jadi loempia ini disajikan dengan wadah yang menurut Ane tak terduga sebelumnya, yakni menggunakan sebuah wadah persegi panjang yang terbuat dari kayu dan bentuknya itu mirip seperti nampan. Jadi terlihat lebih spesial dan enak di pandang.



Wah idenya kreatif tuh. Mungkin ini sob yang dinamakan Loempia Boom, ukurannya besar banget dan pastinya lebih besar dari ukuran lumpia pada umumnya. Loempia ini disajikan tak sendiri sob, melainkan ada potongan buah mentimun, buah tomat dan sambal.
Pesanan terakhir Ane datang juga rupanya, Nasgor Boom Spesial. Tak mau kalah dari lumpianya, penyajian Nasgor ini pun terbilang berbeda daripada yang lainnya. Tak menggunakan piring dan juga mangkok, tetapi menggunakan wadah yang bentuknya itu seperti bentuk wajan. What, wajan? yap benar, tapi wajan ini versi mininya.



Selain pada bentuk wadahnya yang cukup unik, Nasgor ini pun juga mempunyai isi yang terbilang banyak, dan sepertinya Ane tahu mengapa Nasgor ini dinamakan Nasgor Boom spesial, karena porsinya banyak dan di dalamnya tuh terdapat daging, bakso yang di cincang dan sosis.
Wah Ane jadinya merasa tidak enah nieh sob, soalnya bila nasgor ini Ane habiskan, Ane bisa dituduh orang macem - macem tak terkecuali dengan sobat sendiri. Misalnya saja, "eh loe kok makannya banyak banget sieh nis? nasi goreng satu wajan saja bisa kamu habiskan!". Ada lagi misalnya bilang seperti ini, "wah makan loe banyak juga ya ternyata, sudah nasi goreng sewajan kamu habiskan, eh masih tambah loempia boom juga yang mempunyai ukuran lebih besar dari biasanya dan masih muat pula tuh perut di isi minuman jus?". Hmmm, tersenyum kecil aja.




Biarlah orang berkata apa, tutup mata dan tutup telinga, kini saatnya Ane mengeksekusinya. Di mulai dari nasi gorengnya, menurut Ane enak dan rasanya khas sekali sampai Ane sendiri tak bisa mengatakan perumpamaan seperti apa yang cocok buat Nasgor ini, pokoknya enak dah. Nah rasa istimewa Ane rasakan pada loempianya. Memang joss rasanya, walaupun Ane di kata sudah makan Nasgor Boom spesialnya, namun loempia boom ini tetap enak dan mempunyai rasa yang gurih serta cukup renyah. Secara keseluruhan menu makanan ini,"wuenak tenan, le leduk". Kalau soal jus mah rasanya biasa aja seperti rasa jus alpukat pada umumnya. Cukup lama juga Ane menghabiskannya hingga adzan maghrib berkumandang. Dan (di baca dengan nanda panjang)


Habis sudah semuanya
Gimana, tertarikkah sobat untuk mencobanya? kalau begitu silahkan saja datang ke tempatnya ya sob. Jam buka Loempia Boom ini berdasarkan informasi dari pegawainya dari jam setengah 11 siang hingga jam setengah 9 malam. So, bisa sekalian makan siang atau makan malam kan?
Bagi sobat yang belum tahu tempatnya, berikut arahannya. Tempatnya agak tersembunyi memang dan tidak terletak pada jalan utama,
Dari Gedung Rektorat UNY, bergeraklah sobat ke arah timur hingga mentok di pertigaan lampu merah. Beloklah ke kiri (utara) melalui Jl. Gejayan hingga menemukan selokan mataram (selokan dalam bahasa jawa yang berarti saluran pembuangan air). Nah dari sini, beloklah sobat ke arah kiri (barat) melalui Jl. Bougenvile dan melewati Fakultas Teknik UNY. maju sedikit ada perempatan, masih maju sedikit hingga sobat menemui pertigaan ke arah kanan (utara). Tak usah ragu - ragu masuklah sobat kedalam jalan tersebut dan ikuti jalannya Jl. Manggis hingga sobat menemui Kedai Loempia Boom ini yang terletak persis di sebelah kanan jalan menikung ke arah kiri (utara).



Eow iya, Ane lupa belum bayar. Untuk soal harga cukup bersahabat kok sob, tergantung pilihan menu apa saja yang hendak mau di pesan. Ane cukup merogoh kocek sebesar 27,5k saja untuk segelas Djoes alpukat, seporsi Loe-Boom Boombastic, dan seporsi Nasgor Boom spesial dengan rincian masing - masing Djoes alpukat 6k, Loe-Boom Bombastic 9,5k dan seporsi Nasgor Boom Spesial 12k.



Dah waktunya maghrib nieh sob. Ane mau pulang dulu ya. Jangan lupa kalau ke Jogja untuk mampir kesini, sampai jumpa! daaaaah.

26 komentar:

  1. itu isinya apa saja yah gan? boleh tuh dicoba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Variasi gan, ada sayur biasa, ayam, baso, sosis, hingga ampela ati pun ada... :-)

      Hapus
  2. Wiiiiii tempatnya bagus ya mas, cara penyajian dan wadahnya unik jugaaaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, bersih dan rapi walaupun agak kecil,,, Wadahnya unik pula :-)

      Hapus
  3. wuaahhhh tdnya aku pikir dinamakan boom, krn pedes... ternyata krn ukurannya yg guede yaaa ^o^.. surga bgt sih , lumpia segede itu kurang dari 10 rb?????? di semarang aja lumpianya 1 udh hampir 20 rb..

    eh mas, ini isian umpia yg spesial apa? isi rebung juga kayak lumpia semarang ga? aku paling suka lumpia isi rebung, walo bnyk org bilang ga enak krn bau rebung yang menyengat, tp justru baunya itu yg bikin nagih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak,,, kalau pedas sieh nggak,,, cuman ukurannya ituloh yang memang gede banget... Di Jogja gituloh mbak, jadi makanan pun masih terbilang cukup murah meriah :-) cepetan pulang ke Solo mbak, ntar bisa mampir kesini :-)
      Menu yang spesial Loe-Boom Spesial dengan isian daging, bakso, dan sosis,,, setahu aku beda sieh mbak dengan lumpia yang ada di Semarang,,, terus sepertinya disini nggak ada isi rebung loe mbak, cuman adanya bakso, sosis, ampela ati, dan sayur biasa,,, enak ya mbak? selera mah beda - beda :-)

      Hapus
  4. Aku seringnya beli yang di Selokan Mataram dekat Tehnik UGM hahahhaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eow,,, aku malah belum tahu mas tempat itu... kapan - kapan coba ah :-)

      Hapus
  5. mas, aku ngiler dengan lumpianya...sambil ngebayangin isi lumpianya...sayang mas Anis ga foto ya bagian dalam lumpianya...he he he...

    wadah sajinya unik ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha,,, lupa mbak, nggak tak foto :-)
      Iya mbak, penyajiannya pun unik,,, hehehe

      Hapus
  6. si Anis perasaan makan mulu deh, naik gunungnya kapan nda? ckckckck

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe,,,, besok mbak nunggu musim kemarau...
      Kalau musim hujan kan banyak yang tutup gunungnya, juga kurang begitu menikmati alamnya :-)

      Hapus
  7. Di kotaku juga ada, nasi goreng yang disajikan dengan wadah wajan.
    Terlihat unik ya, lain dari yang lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya tow mbak? tak kira tempat ini saja ew yang menyajikan dengan menggunakan wajan,,,,
      Hmmm, memang unik mbak, lain daripada yang lain

      Hapus
  8. Wah kelihatannya enak nih lumpianya. Btw, rasa lumpianya mirip Semarang ngga ? Dengan bau rebung yang kuat. Kebetulan saya kurang suka jika bau rebung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kurang tahu mbak lumpia ini mirip atau nggak dengan yang ada di Semarang,,, tapi kalau bau Rebung sieh nggak, soalnya lumpia ini tidak terbuat dari rebung tapi bahan yang lainnya.... Wah kok jadi aku kepingin lumpia khas Semarang itu ya, heheehe,,,, Kapan - kapan kalau ke Semarang wajib nieh ngerasain Lumpia yang ada disana :-)

      Hapus
  9. Balasan
    1. Iya mbaaaa,,,, eh yang punya rumah laki - laki ew mbak, hehehe

      Hapus
  10. Aniiis...bikin ngidam pengen ke Jogja!!

    Sumpeh itu 27.5 ribu. Muraaah beeng. Wah bisa segala dimakan kalo perut kuat di Jogja. Tampilan cakep harga cakep juga. Desigh! Desigh! Sebel jd pengen ke Jogja.

    Btw hobi naik gunung juga toh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak bener 27.5 ribu,,, Hahahaha, ke Jogja mbak segera pesan tiket dari Banten kesini,,, pokoknya dipuas - puasin dah makannya di Jogja, hehehe

      Lho kok tahu mbak?

      Hapus
  11. Mas Aniiiisss, aku dari awal tahu kemaren ngidam lumpiaaa. Tanggung Jawab.
    Nanti kalo ke Jogja, ajakin kesinii yaaaag.
    tukeran kontakkk nyoook mas.
    email : astarianadya@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa mbak Astari :-) ,,,, wokelah mbak, siap
      Segera tak kirim no. kontakku lewat email ke sampean mbak,,,, :-)
      Siiiplah, di tunggu di Jogja, :-)

      Hapus
  12. makin hari foto sampeyan makin kece mas.,,,, makin foto" majalah gitu deh... hehe jadi kapan Anis Magazinenya keluar mas?? boleh nih bagi gratis ke aku hehe pizzz... keplak lumpia... salit sama mas anis... bikin pinter maslah beginian aseekk... petamu kui lo mas.. unik nyentrik khas... jadi maskot sampeyan wis dah mas anis punyahhh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha,,, iya pow mas? ah biasa aja kayaknya, :-)
      Di tunggu aja ya mas, ntar lak keluar sendiri, hahaha...
      Ah nggak mau lah mas ngeplak pakai lumpia,,,, daripada untuk mengeplak Mas Angkis lebih baik tak makan, hehehe.
      Walaupun kurang begitu baik tulisannya, tapi ya berusaha untuk memahamkan yang baca mas bagi yang membutuhkannya,,, hehehe
      Sejauh paham ama lokasinya ya tak buat peta mas,,, semoga tetap semangat buat menggambarnya :-)
      Eow iya, semisal ada kesalahan dalam membuat petanya, mohon dikoresi ya mas,,,, sebelumnya terima kasih :-)

      Hapus
  13. wah lezat banget yah lumpianya...
    kapan-kapan klo lagi ke jogja mau coba ah...
    salam kenal min

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gan,,,,
      Silahkan...
      Salam kenal juga dan terima kasih sudah mampir kesini, :-)

      Hapus

TENTANG ANE

Anis SobatAnis Sobat
Hello, My Name Is Anis Hidayah. I am no Drinking,Drug, Smoking, and Free sex. But yes Travelling, Touring, Mountaineering, visit the new site and meet by new people. Enjoy my life with my way myself. That's about me