Rabu, 23 Maret 2016

Sedapnya Soto Ayam Pak Slamet Yogyakarta

Ntah kecanduan, ketagihan atau apalah namanya sob, kalau pagi - pagi itu enaknya kok makan soto ya. Tak terkecuali pagi itu 20 Januari 2016 yang secara tiba - tiba Ane kepingin banget untuk makan soto. Banyak banget memang warung soto yang tersebar di Yogyakarta ini, tapi sebagian sudah Ane datangi diantaranya ada Soto Pak Sholeh, Soto Pak Marto, dan Soto Bathok Mbah Katro. Kesemuanya itu mempunyai rasa yang enak dan khas. Nah ada sebuah tempat lagi nieh sob yang wajib dikunjungi bila sobat datang ke Kota Jogja ini yakni Soto Ayam Pak Slamet yang terletak di Jl. Bibis, Tetek, Mejing Kidul, Ambarketawang, Gamping, Sleman, Yogyakarta.



Jaraknya yang cukup jauh dari kost Ane membuat perjalanan Ane agak lama, paling tidak perlu waktu sekitar 25 menitan untuk sampai sini. Daripada Ane menceritakan perjalanan Ane menuju kesini, lebih baik Ane beritahu gambaran rutenya aja ya sob buat sobat yang kira - kira membutuhkannya.



Paling mudah perjalanan dimulai dari Titik Nol Kilometer Jogja.
Dari Titik Nol Kilometer Kota Jogja, bergeraklah ke arah barat melalui Jl. KHA Dahlan dan Jl. RE. Martadinata, kemudian lurus terus melalui Jl. Wates hingga sobat menemukan perempatan lampu merah besar di Jl. Ringroad barat. Dari sini masih lurus lagi ke arah barat kemudian sobat akan menjumpai sebuah pertigaan ke arah kiri. Abaikan saja dan masih lurus lagi hingga sobat menemui pertigaan lagi ke arah kiri. Nah dari sini beloklah ke arah kiri hingga sobat menjumpai palang pintu rel kereta api.



Tepat setelah melewati rel, sobat akan menemui sebuah pertigaan ke arah kanan yang di pojoknya terdapat sebuah plank yang bertuliskan,"Soto Pak Slamet Spesial Ayam Kampung". Nggak usah bimbang apalagi ragu masuklah kedalam jalan tersebut dan tak lama kemudian sampailah sobat di tempat yang sobat maksud.


Gambaran rutenya
Tampilan Warung Soto Pak Slamet dari depan
Sesampainya disini ternyata pengunjungnya sudah sangat ramai. Keramaian para pengunjung nampaknya tak menjadi masalah terhadap tempat parkirnya. Tempat parkir yan cukup luas memungkinkan kendaraan roda empat untuk menempatinya. Ya memang sejauh mata Ane memandang yang terlihat hanyalah kendaraan roda empat saja, sementara pada kendaraan roda dua hanya terdapat 3 buah saja. Begitu Ane masuk kedalam yang Ane lihat hanyalah tempat duduk meja dan kursi saja yang tersedia.
Di bagian dinding sebelah barat tampak terpasang foto beberapa artis yang sepertinya pernah singgah disini tak terkecuali dengan Pak Bondan. Hah, Pak Bondan? iya, Ini artinya cita rasa soto dari warung ini benar - benar enak nan mak nyuusss! sehingga tempat ini benar - benar layak dan cocok untuk dikunjungi. Selain itu masih berada di dinding yang sama, telah terpasang tarif daftar menu makanan soto dan minuman. Harga tersebut berkisar antara 2,5k sampai 12k. Murah kan?




Sedangkan pada bagian dinding sebelah selatan, berbagai macam menu makanan tersedia dan sebuah backdrop yang seolah - olah menegaskan kembali kalau warung ini adalah Warung Soto Pak Slamet. Rupanya tak hanya disini saja warung soto ini berdiri, tetapi juga telah membuka cabang di 2 tempat, yakni Jl. Wonosari Km. 10 (Timur Kid Fun), dan di Timur Pertigaan Pangukan Sleman Yogyakarta.



Di tengah - tengah Ane memperhatikan keadaan sekitar, tiba - tiba muncullah salah seorang pegawai dari dalam dapurnya. Sang pegawai tersebut menanyakan kepada Ane mau pesan soto dan minuman apa. Beliau bilang ada es teh, es jeruk dan kopi. Selain itu ada juga menu minuman berupa es tape hijau. Tanpa fikir panjang pilihan Ane langsung jatuh pada es tape hijaunya. Memang sob kalau Ane di suruh memilih di antara menu - menu minuman tersebut, es tape hijaulah yang paling Ane sukai. Selain rasanya yang manis juga menyegarkan, grrrr. Walaupun ramai, pelayanannya terbilang sangat cepat. Dalam hitungan tak sampai 3 menit saja pesanan yang Ane pesan kini sudah ada di hadapan mata Ane.


Semangkok soto dan segelas es tape hijau siap di santap
Secara penampilan soto ini tidaklah jauh berbeda bila dibandingkan dengan soto - soto pada umumnya. Semangkok soto berisi tauge, kobis, loncang, sledri, dan suwiran daging ayam kampung yang ditaburi berambang goreng dan mempunyai kuah yang bening. Nah apa sieh yang istimewa dari soto ini?



Apakah rasa soto itu sendiri?
Oke yuk kita eksekusi bersama sob. Pada kecapan yang pertama, rasanya kalau kata Pak Bondan,"Maknyusss". Iya lho sob, benar - benar maknyus rasa gurih yang khas dan pokoknya rasa kuahnya itu berbeda daripada soto yang lainnya, sedap deh. Dua kata dari Ane untuk soto ini,"Wuenak tenan, Le Leduk". Tak salah bila warung soto ini selalu saja di sesaki oleh para pengunjung, bahkan Ane melihat sendiri di saat Ane datang sampai Ane pulang, pengunjung yang berdatangan pun silih berganti. Dalam waktu yang cukup singkat


Habis sudah semuanya
Soal harga cukup bersahabat kok sob, seporsi soto dan segelas es tape hijau hanya dibanderol dengan harga 12k saja. Sehubung Ane mengambil jajanan kecil berupa keripik usus, maka Ane harus menambah uang lagi 2k saja. Total untuk semua yang harus Ane bayarkan 14k. Gimana udah pada ngiler kan melihatnya? kalau begitu, silahkan atuh monggo datang kesini bila sobat bertandang ke Jogja dan rasakan sendiri cita rasa soto yang ditawarkan.
Jam Buka Soto Pak Slamet: 07.00 - 16.00 WIB

8 komentar:

  1. wah enak...pagi2 lihat soto jadi laper...

    eh mas btw, gending di daftar menu itu opo toh ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, hehehee
      Setahu aku sieh gending itu semacam paha atas mbak,,, :-) , la sampean ki nggak ngerti pow mbak? lak kalau dulu sampean di Surabaya kan pernah membaca kan? hehehe

      Hapus
    2. tuh dia mas, perasaan ga pernah tau yang namanya gending, soale dulu kan jarang banget wiskul kayak mas Anis ini, dulu itu tahunya ya makan di warung-warung biasa ala mahasiswa yang budgetnya minim yang warungnya ga ada menunya tercantum...tahunya cuma berutu he he he...

      Hapus
    3. Eow gitu,,,, hmmmm, nggak juga mbak, aku ya cuman iseng - iseng aja pingin keliling cari makan, hehehehe.... Ya sehari - hari sieh banyakan di warung - warung ala mahasiswa,,, (ah buka kartu jadinya, :-) ), malu aku :-)
      Tapi mbak, brutu tetep enak kok, empuk - empuk gimana gitu :-)

      Hapus
  2. reviewnya bikin ngiler aja mas..keren abis dan komplit banget

    BalasHapus
  3. kalo artis pada kesini, berarti soto pak slamet sangat recommended

    BalasHapus

TENTANG ANE

Anis SobatAnis Sobat
Hello, My Name Is Anis Hidayah. I am no Drinking,Drug, Smoking, and Free sex. But yes Travelling, Touring, Mountaineering, visit the new site and meet by new people. Enjoy my life with my way myself. That's about me