Kamis, 17 Maret 2016

Nikmatnya Menyeruput Es Buah PK di Siang Hari

Hari sudah mulai siang tiba - tiba timbul di benak Ane,"enaknya ngapain ya? gimana kalau minum yang segar - segar, juice mungkin, es campur, es oyen, atau es buah?". Sebelumnya Ane lihat dulu tuh sob di internet, warung mana yang menjual berbagai menu pilihan di atas. setelah baca dan baca ternyata ada salah satu warung yang cukup membuat Ane penasaran untuk segera mendatanginya. "Es Buah PK dan Bakso Daging Sapi", itulah nama warungnya. Letaknya kebetulan tak jauh dari kost Ane, ya kurang lebih sekitar 10 menitan saja yakni terletak di Jl. Pakuningratan, Cokrodiningratan, Jetis, Yogyakarta. Sebenarnya masih ada dua lokasi lagi selain disini yakni di Jl. Kyai Mojo dan Jl. Godean, tapi kedua lokasi tersebut agak jauh dari kost Ane.


Tak ingin berlama - lama lagi, berangkatlah Ane menuju kesana dengan mengendarai kuda hijau Ane, sesampainya disana tampak sudah ada banyak para pengunjung yang datang. Ada yang sedang memakan baksonya, ada yang sudah selesai menikmati segala menunya, bahkan adapula yang hanya sekedar memesan Es Buah PK saja. Ya, disini memang terkenal dengan es buahnya, namun begitu disini juga tersedia bakso sehingga setiap para pengunjung yang datang dijamin pasti tidak akan kelaparan. Mereka semua tampak lahap dengan apa yang sedang mereka nikmati. Semakin penasaran saja Ane dibuatnya. Tak ingin melihatnya lama - lama, pesanlah Ane semangkok bakso daging sapi komplit dan semangkok es buah komplit. Sambil menunggu pesanan yang datang, Ane sempatkan sebentar untuk memperhatikan keadaan sekitar.




Warungnya sangatlah sederhana terletak di trotoar jalan, hanya ada 3 buah meja saja yang terpasang. Di setiap mejanya dipasangi 5 buah kursi. Bagi para pengunjung yang lebih menyukai sistem lesehan, disinipun telah disediakan. Terlihat ada 4 buah meja saja yang terpasang. Di samping kiri bagian utama warung sebanyak 2 buah dan di samping kanannya juga 2 buah.




Sepertinya warung ini tak pernah sepi oleh pembeli. Selama Ane disini, para pembeli datang silih berganti. Apalagi hari sudah siang pembeli yang datang bukannya semakin sepi malah semakin ramai. Pelayanannya terbilang cepat, hanya dalam hitungan menit saja pesanan yang Ane pesan pun datang.



Secara penampilan semangkok bakso ini tidaklah berbeda jauh dengan bakso pada umumnya yang berisi mie kuning, bihun, selada, potongan seledri, bakso itu sendiri yang kesemuanya terendam kuah yang bening. Sementara pada es buahnya, semangkok es buah berisi potongan buah sawo, nangka, alpukat, garutan kelapa muda (degan), cincau, dan diberi kuah yang ditambahkan dengan serutan es dan susu (di mangkok Ane susu yang digunakan adalah susu cokelat). Nggak usah bayangin ya sob, Ane sendiri males ngebayangin lezatnya seperti apa. Ya jelas enaklah lawong bahan yang digunakan untuk membuatnya aja seperti itu. Jadi yuk kita cicipin bersama.


Ini baksonya
Ini mana buahnya?
Ini belum kelihatan
Nah ini dia es buah PK yang melegenda itu
Ane mulai dari baksonya, bagi Ane rasa dari bakso ini ya standar - standar aja sob seperti rasa bakso pada umumnya. Kaldunya memang terasa kuat, namun tetep saja Ane tak menemukan rasa yang istimewa pada bakso ini. wokelah kita sekarang pindah pada es buahnya.
Begitu ngerasain es buahnya, mulut Ane sempat membisu. Pada srusupan pertama Ane tak bisa berbicara apa - apa, habis enak banget sieh pokoknya dua kata untuk es buah ini,"Wuenak tenan, Le Leduk". Tak salah kalau Es buah PK ini menjadi tujuan para pecinta kuliner. Apalagi di minum di siang hari, rasanya ces, ces, ces di tenggorokan. Minum pun Ane lanjutkan kembali dan 20 menit kemudian


Deng dong, ya habis
Soal harga cukup bersahabat kok sob, semangkok es buah PK dan bakso daging sapi hanya dibanderol dengan harga 18k saja. Gimana, penasarankan dengan es buah PK ini? atau malahan penasaran terhadap baksonya? Monggo sob, bila sobat bertandang ke Jogja silahkan atuh mampir di warung ini dan rasakan sendiri dari cita rasa yang ditawarkan kedua menunya.
Cara menuju ke Warung Es Buah PK:
Cara termudah menurut Ane dari Tugu Jogja sob, dari Tugu Jogja bergeraklah ke arah utara melalui Jl. A. Moh. Sangaji melewati POM Bensin hingga sobat menemukan pertigaan jalan yang ketiga yang mengarah ke arah kiri (barat). Dari sini beloklah sobat kedalam jalan tersebut, lurus terus ke arah barat melalui Jl. Pakuningratan dan melewati pertigaan ke kiri dan tak lama lagi sobat akan bertemu dengan Warung Es Buah PK yang terletak di sebelah kanan (utara) jalan tepat sebelum bertemu jalan besar yakni Jl. Magelang.
Sebenarnya dari Tugu Jogja ke arah barat dulu bisa sob, nanti setelah perempatan lampu merah belok ke arah kanan melalui Jl. Magelang. Nah, di pertigaan yang ketiga dari perempatan lampu merah tersebut barulah sobat belok ke arah kanan (timur) sedikit. Sampai dah sobat di warung yang sobat maksud.



Jam Buka Es Buah PK: Setiap hari pukul 10.00 - 18.00 WIB
Selamat menikmati!

14 komentar:

  1. ws buahnya menggiurkan apalagi cuaca yang kadang panas seperti sekarang ini. bisa aja yach kamu nemu es buah yang enak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cocok mbak, cuaca panas pas cari yang dingin - dingin :-)

      Hapus
  2. PK singkatan dari apa yak? Btw itu beneran yak buah sawo yang dijadiin campurannya? Hihi..unik bener, baru kali ini liat sawo jadi campuran es buah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. PK singkatan dari Pakuningratan mbak,,, nama jalan dimana warung ini berada. Hehehe,, lupa nggak ngasih kepanjangannya,,,, Terima kasih mbah sudah mengingatkan,,,

      Iya mbak bener campurannya sawo,,,, enak lho :-)

      Hapus
  3. salam kenal dari blogger newbie gan :)
    folback google plus ku ya gan hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal mbak dari blogger newbie juga :-)
      Baik mbak, Insya Allah :-)

      Hapus
  4. kok yo pas banget, ada bakso plus es buah, dicatet alamatnya, sapa tau lewat sana :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas,,, Ternyata pas bakso disandingkan dengan es buah, mantab rasanya :-)

      Hapus
  5. kalo ditempat ane sih namanya es campur hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya kurang lebih seperti itu mas, hehehe.,,
      Terima kasih sudah mau mampir kesini, :-)

      Hapus
  6. itu es buahnya jd super enak karena ada sawo pasti :D.. jarang2 sawo di campur ke es buah...trus susu nya coklat pula.. ^o^..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak bener.... Aku juga awalnya sempat kaget kok ada sawonya gitu, tapi setelah di cicipi ya enak ternyata, :-) .... Kalau susu mah udah biasa ada di es buah umumnya mbak, justru itulah memang es buah ini terasa enak, :-)

      Hapus
  7. wah lagi" saya teringat jaman bahulu mas wkwkwk... kenapa aku teringat jaman dulu....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha,,, berarti udah pernah kesini ya mas?
      Sekarang masih ada kok mas, jadi kalau teringat masa lalu bisa nieh bernostalgia kesini,,, atau ajakin saya ya ayok,, tapi biasanya kalau mas Angkis di traktir, sekarang yang mentraktir ya mas, hahahahaaa Pizzzz

      Hapus

TENTANG ANE

Anis SobatAnis Sobat
Hello, My Name Is Anis Hidayah. I am no Drinking,Drug, Smoking, and Free sex. But yes Travelling, Touring, Mountaineering, visit the new site and meet by new people. Enjoy my life with my way myself. That's about me