Sabtu, 28 Juni 2014

PENDAKIAN GUNUNG MERBABU

Hai sobat petualang, bagaimana kabarnya semua nieh??? baik-baik saja kan?. Kali ini ane mau menceritakan pengalaman ane dalam misi pendakian Gunung Merbabu yang terletak di Kabupaten Magelang dan Boyolali dengan ketinggian 3.142 mdpl. Beberapa jalur pendakian yang tersedia diantaranya jalur Selo, Wekas, Chuntel, dan Thekelan.
Jalur yang ane pakai adalah Jalur Wekas dengan track yang cukup lumayan curam. Padahal ada jalur yang lebih mudah dan sangat populer di kalangan para pendaki, yaitu Selo. Penasaran kan? oke, Jadi begini ceritanya. Pada tanggal 1 dan 2 November 2013 lalu, ada sebuah Komunitas yang sedang mengadakan acara Reboisasi dan bersih gunung di Gunung Merbabu ini yaitu Imakta. Ikutlah ane dalam rombongan tersebut. Tahu nggak sob, yang ikut berapa orang? yaitu 39 orang. Jumlah yang tergolong banyak dalam misi pendakian.
Tanggal 1 November 2013 telah tiba dan berangkatlah ane bersama dengan 38 anggota Imakta menuju basecamp Wekas dari Yogyakarta pada pukul 2 siang. Sampai di basecamp pada pukul 5 sore, maklum sob jalnnya santai karena membawa orang lumayan banyak jadi yaw agak lama di tengah perjalanan. Tentu jam segitu sangat nanggung untuk langsung mendaki, karena sebentar lagi waktu shalat maghrib dan Isya tiba. Istirahat, sholat, makan, dan packing ane laksanakan di basecamp.
Tepat pada pukul 8 malam misi pendakian dimulai. Pertama-tama ane melewati perkampungan penduduk dengan jalan bebatuan yang tersusun rapi. Keluar dari perkampungan penduduk, jalur berganti perladangan penduduk dengan ditumbuhi sayuran khas pegunungan seperti kol, wortel, brokoli, dan tembakau. Jalur yang ane lalui tidak begitu menanjak. Sekitar 45 menit berselang dari basecamp, ew ane melewati sebuah makam di sisi kiri jalan. Perjalanan kita lanjutkan dengan berganti jalur yang ditumbuhi hutan pinus. Nah, dalam perjalanan menuju pos 2, ane bertemu dengan pipa air yang membentang sepanjang jalur pendakian menuju pos 2. 2 Jam berselang ane sampai di pos 2. Perjalanan ane langsung menuju pos 2 karena untuk menuju pos 1 terlalu berat. Pos 2 sangat luas lo sob, sehingga ane dkk mendirikan tenda di sini. Di sini juga terdapat mata air yang berasal dari sebuah pipa penyalur air yang bocor.
Cuaca di Pos 2 ini sangat dingin dengan dibarengi hembusan angin yang sangat besar. Sepanjang malam ane tidur berselimutkan sleeping bag. Jika mau menghangatkan badan, di luar terdapat api unggun. Namun ane memilih menghangatkan badan terlebih dahulu barulah tidur, hehe.
Hari baru, semangat baru tanggal 2 November 2014 telah tiba. Ane mempersiapkan untuk summit ke puncak. Selepas dari pos 2, jalan yang ane lalui ternyata lebih terjal dibandingkan jalan sebelumnya. Ane melewati kawasan hutan yang terdiri dari pohon-pohon hutan tropis dengan jalur yang dilalui cukup jelas dan tidak banyak percabangan jalan. Sekitar 45 menit berjalan, sampailah ane di sebuah batu besar.


Perjalanan ane lanjutkan dan sekitar 30 menit berjalan dari batu besar sampailah ane di Pos Batas Kabupaten. Pos batas kabupaten tersebut adalah batas antara Kab, Semarang, Kab. Boyolali, dan Kab. Magelang.



Beranjak dari Pos batas kabupaten, ane bergerak ke bawah dan kemudian ke atas melewati jalan yang berbau belerang. Nah, dari sini track yang ane lewati semakin terjal saja, langkah demi langkah ane lewati. Di tengah perjalanan, ane melihat pemandangan yang indah sekali.


Masih berada di track terjal dan banyak menguras tenaga, Pemandangan alam sekitar sangat menghibur dan tak bosan-bosannya ane memandanginya. Dalam hati ane merasa tentram dan semangat lagi ketika sampai di tanah yang cukup datar. Tinggal beberapa Km lagi ane sampai di puncak Kentheng songo, asyik (dalam hati senang).


Beranjak menuju puncak kentheng songo, track yang ane lalui bervariasi, mulai dari melewati jembatan setan yang di kanan kiri terdapat jurang yang menganga, dan track yang sangat terjal. 40 menit berselang, sampailah ane di puncak kentheng songo.


Pemandangan di puncak sungguh menawan


Berkibarlah benderaku Sang Merah Putih berlatar belakang Gunung Merapi

Puncak Trianggulansi nampak jauh dari puncak kentheng songo. Namun jika kita tuju, hanya butuh beberapa menit saja. Dari puncak kentheng songo, ane bergerak menuju puncak trianggulansi. Benar bahwa hanya dalam 4 menit saja ane sudah berada di puncak Trianggulansi. Pemandangan di sini culup menarik hati ane sob. Inilah beberapa pemandangan yang ane maksud




Samudera awan nampak cantik pun berada di jauh sana

Puas menikmati puncak gunung Merbabu dan hari semakin siang, akhirnya ane bersama dengan teman-teman segera turun ke Pos 2 dimana ane bersama dengan mereka bermalam. Ane sangat rekomendasikan buat sobat-sobat petualang untuk mendaki gunung ini. Gunung ini sendiri merupakan salah satu gunung tercantik di Pulau Jawa. Sekian dahulu yaw sobat, sampai jumpa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TENTANG ANE

Anis SobatAnis Sobat
Hello, My Name Is Anis Hidayah. I am no Drinking,Drug, Smoking, and Free sex. But yes Travelling, Touring, Mountaineering, visit the new site and meet by new people. Enjoy my life with my way myself. That's about me