Kamis, 09 Juni 2016

7 Keajaiban Rasa di Bukittinggi, I'am Coming!

Jika mengatakan hal apa yang menarik bagi setiap orang selain travelling jawabannya adalah masakan. Wisata kuliner adalah hal paling wajib bagi para pecinta traveling selain mengunjungi tempat - tempat wisata yang ada. Nah, Kali ini Ane mau berbicara tentang Bukittinggi sob, Hal menarik dari Bukittinggi bukan hanya kebudayaan dan olahraga berkudanya saja, namun juga dengan masakannya? Yuk sob kita lihat daftar makanan yang khas yang menjadi bagian dari masyarakat Bukittinggi ini.

1. Sate Laysir
Saat sobat menuju Kota Padang Panjang, maka jangan lewatkan untuk mampir sejenak ke Rumah Makan Sate Mak Syukur di Pasar Aur Kuning. Ada sate padang atau yang lebih dikenal sebagai Sate Laysir yang terkenal dengan citarasa yang aduhai menggugah selera. Dengan menu lidah dan daging usus yang sudah dibumbui, kemudian di bakar di atas bara api. Kemudian bumbu - bumbu akan dituangkan di atas sate setelah matang dan tak ketinggalan juga bawang goreng sebagai penutup untuk menggugah selera sobat.
Aroma yang nikmat membuat kita hanyut akan berapa banyak tusuk sate yang telah kita makan. Sobat dapat menikmati makanan khas Kota Padang Panjang ini dengan merogoh kocek 100.000 rupiah untuk dua orang. Rumah Makan Mak Syukur ini hanya buka jam 10.00 - 22.00 WIB. Meskipun tergolong cukup mahal tetapi tidak akan menyesal deh sob dan patut buat di coba! Warung Sate Mak Syukur ini terletak di Jl. Mohamad Syafei, dimana sekitar 5 menit dari lokasi, sobat dapat menemukan hotel berbintang 4 bernama Grand Rocky Hotel Bukittinggi, hotel berbintang dua bernama Royal Denai View Hotel di Jl. Yos Sudarso.

Sumber: www.khairanissette.blogspot.com
2. Itiek Lado Mudo
Tak kalah nikmatnya adalah itiek lado mudo, warung makan itiek lado mudo yang terkenal berada di Lembah Ngarasiano. Itiek yang berarti itik dan lado mudo adalah sambal hijau. Masakan ini adalah itik dan bebek yang di ungkep dengan rempah - rempah khas Minang. Untuk mendapatkan cita rasa yang maknyus dan empuk, proses pengolahan makanan ini diperlukan waktu kurang lebih selama 3 jam. Harganya untuk menu komplit berkisar 40 ribu rupiah, warung ini buka dari pukul 10.00 - 22.00 WIB. Bukan hanya akan disajikan oleh panorama alam yang menyejukkan mata tetapi juga cita rasa yang membangkitkan selera. Selamat mencoba!

Sumber: www.makanmakan.com
3. Pical Sikai dan Lamang Tapai
Toko legendaris yang satu ini hanya menyajikan dua pilihan menu saja sob dan telah berdiri 65 tahun lamanya. Toko ini berlokasi di Jl. Panorama 19c, dekat pintu masuk Taman Panorama dan Lobang Jepang. Pical Sakai bahan - bahannya seperti pecel, yang unik dari makanan ini terdapat pada penggunaan jantung pisang dan rebung diantara sayuran rebus lainnya. Sedangkan Lamang Tapainya biasanya mengandung sedikit alkohol dari bahan dasar tapai yang telah di fermentasi, namun sobat juga bisa memilih yang tidak beralkohol.
Lamang ini terbuat dari lamang ketan yang di campur dengan ketan hitam. Untuk satu porsinya dibanderol seharga 11 ribu rupiah saja dan sobat bisa berkunjung pada pukul 08.00 - 16.00 WIB. Bagaimana? semakin tergiur untuk berkunjung ke Bukittinggi bukan? Tetapi jangan khawatir selagi perut kita kenyang di Kawasan Jl. Panorama, di jalan ini juga ada banyak hotel dan penginapan berbintang yang siap melepas lelah sobat setelah berwisata kuliner, seperti Ambun Suri Hotel, Gran Malindo Hotel, dan sebagainya. Untuk melihat daftar lengkapnya, sobat bisa lihat di Traveloka.com

Sumber: www.fadilah11.blogspot.com
4. Nasi Kapau
Tidak seperti nasi Padang pada umumnya nasi kapau ini terdiri dari nasi, sambal, dan dilengkapi dengan lauk - pauk khas Kapau dan tidak ketinggalan juga gulai nangka yang menjadi ciri khas dari nasi ini. Satu porsi nasi ini dibanderol dengan harga 15 ribu rupiah. Salah satu restoran yang menyediakan menu ini dan terkenal enak berada di Pasar lantai wisata di bagian lantai dasar. Warung ini buka pukul 08.00 - 17.00 WIB. Tunggu apa lagi? Masukkan ini ke daftar list menu saat sobat travel ya.

Sumber: www.kaskus.co.id
5. Cinduak Langkok
Tidak hanya makanan saja yang enak - enak, tetapi minumannya pun menantang bagi para pecinta kuliner untuk mencobanya lho sob. Penjajaan makanan ini dapat ditemukan di daerah Los Lambuang Pasa Ateh (Pasar atas). Daerah kepulauan jawa dan sekitarnya tidak satu - satunya yang memiliki minuman khas ini, Bukittinggi-pun memiliki cendol khasnya. Cendol dengan berbahan dasar menggunakan lupis, cendol 2 warna (merah muda dan hijau) yang memiliki tekstur lembek. Kuah santan sebagai penyiram pada cendolnya dan es batu sebagai tambahannya. Untuk satu mangkoknya dibanderol dengan harga 5 - 8 ribu rupiah. Restoran ini buka 10.00 - 17.00 WIB.


Sumber: www.pergidulu.com
6. Es Tebak
Kembali lagi membahas tentang minuman khas Bukittinggi, kali ini adalah es tebak. Minuman ini sedikit mirip dengan es campur, isinya berbagai macam campuran agar - agar, sejenis cendol, tape, roti dan kemudian ditutup dengan es serut yang membukit, disiram susu kental manis dan sirup frambozen untuk menambah cita rasanya. Es ini hanya didapat pada malam hari dan berada di area Kampung Cina. Satu mangkoknya dibanderol dengan harga 7 ribu rupiah saja. Gimana, cukup menggiurkan sekali bukan? Pas untuk dompet dan pemuas dahaga.


Sumber: mwahyurmadhan.it.co.id
7. Kerupuk Siram
Sesuai dengan namanya, kerupuk ini memang di siram dengan bumbu kacang yang kental dimana rasanya sepintas mirip dengan bumbu kari. Ada juga ditambah dengan mie diatasnya ataupun hanya makan kerupuknya saja. Selagi duduk - duduk bersama dengan orang spesial, kerupuk ini asyik dijadikan jajanan sembari menikmati sunset di sekitar jam gadang. Bentuknya tidak lingkar seperti kerupuk kebanyakan, kerupuk ini berbentuk separuh bulat dan sedikit tipis. Untuk harga, jajanan ini dapat dibeli dengan harga 4 ribu rupiah/buah saja.


Sumber: www.eviindrawanto.com

8 komentar:

  1. Semuanya enak-enak hiksss.. Aku pecinta makanan sumetera barat ini, dan makan nasi kapau seminggu sekali itu harus hehehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya mbak ya?
      Aku tahunya cuman rendang tok ew, hehehe

      Hapus
  2. Alamak, saya sampai nelen ludah nih, mana puasa lagi. Hahaha.
    Saya suka masakan Padang. Yang paling suka adalah ayam pop, sate Padang, rendang, dendeng lado. Slllrrrrp..., eh puasa!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha,,, wah la enak - enak semua itu mbak Levina....
      Sabar - sabar, nunggu buka dulu, hehehe

      Hapus
  3. waktu kantor ngadain outing ke bukittinggi bbrp thn lalu, kita semua puas bgt kulineran.. itu kerupuk siram wajib coa mas.. ;).. aku ini mau planning lg ke bukittinggi , ngajakin si mbak ART ama baby sitter anakku, wisata kuliner ke sana :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Weh, weh, weh,,, iya ya mbak ya?
      Ikut mbak Fanny, ikut,,,, hahaha

      Hapus
  4. Aduh mas ngiler lihat Itiek Lado Mudo sama Es Tebak, apalagi siang-siang gini...sepertinya sangat cocok untuk buat buka puasa nanti. Bukit tinggi, ah kapan ya bisa nikmatin kulinernya :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tentu cocok sekali mas,,,,
      Ayok mas direncanakan, dahulu aku cuman sampai di Jam Gadangnya saja....
      Eh kulinernya juga sepertinya layak buat di coba, :-)

      Hapus

TENTANG ANE

Anis SobatAnis Sobat
Hello, My Name Is Anis Hidayah. I am no Drinking,Drug, Smoking, and Free sex. But yes Travelling, Touring, Mountaineering, visit the new site and meet by new people. Enjoy my life with my way myself. That's about me