Jumat, 03 Juni 2016

Masjid An Nurumi, Masjid Unik Berkubah Warna - Warni di Jogja

Sudah beberapa kali Ane mampir ke masjid ini sob. Ketika Ane berkendara dari Kota Jogja menuju ke arah timur Ane selalu saja menyempatkan diri mampir ke tempat ini. masjid tersebut bernama Masjid An Nurumi ada juga yang menyebutnya dengan Masjid kremlin, atau masjid permen. Masjid ini terletak sangat strategis di tepian Jl. Raya Solo Km. 15 yang merupakan jalan penghubung antara Yogyakarta dengan Solo (Surakarta). Masih ingat betul saat pertama kali Ane melihat masjid ini, yang ada hanyalah kagum dan kagum. Lho selama ini Ane tak pernah tuh menjumpai masjid yang seperti ini. Disini kok ada ya masjid yang seperti itu.


Masjidnya cukup kecil dengan kubah yang berwarna - warni. Saat Ane melihat kubah dari masjid ini kok seperti melihat permen loli pop ya sob, soalnya tuh ya persis banget bangunan kubah ini dengan permen tersebut. Pantesan aja di sebut dengan masjid permen. Ane kira setiap pengendara yang sedang melintasi Jl. Raya Solo ini dan melihatnya pasti akan terheran - heran dengan bangunan masjid ini dan secara tak langsung ingin mampir sebentar buat beribadah, sekedar melepas lelah dan juga sekaligus berfoto - foto tak terkecuali dengan Ane.



Selepas dari beli Es Dawet Pandawa Pak Bagong, Ane mampir kesini sob buat beribadah dan juga sekaligus mengabadikan gambar dari masjid ini, soalnya beberapa kali Ane kesini tak pernah sekalipun mengabadikannya. Sebelum masuk kedalamnya, Ane sempat memperhatikan daerah sekitar dan iseng - iseng menghitung berapa jumlah kubah yang ada. Setelah Ane hitung - hitung ternyata kubahnya itu berjumlah 9 buah dengan kubah yang paling besar terletak di tengah - tengah.




Tak hanya di bagian luarnya saja yang bisa menarik perhatian orang, ternyata setelah Ane memasukinya, lagi - lagi Ane terpesona dengan bagian dalamnya. Arsitekturnya cukup unik, kalau masjid ditulisi ayat Alqur'an itu kan sudah biasa ya sob dan biasanya yang ditulisi berada di bagian dinding yang datar serta warnanya cuman satu jenis saja, Nah ini bukan di tempat yang datar sob melainkan di bagian dalam kubahnya yang berbentuk lingkaran dan warna huruf yang digunakan tak hanya satu jenis saja tetapi berwarna - warni. Disini Ane sempat berfikir kalau buat tulisan tersebut kira - kira butuh berapa lama ya selesainya?. Hemmmm, bener - bener keren.


Gambar bagian dalam masjid
Gambar bagian dalam kubah
Selesai mengagumi arsitektur yang ada, kini selanjutnya Ane beribadah terlebih dahulu. Sampai disini dulu ya sob cerita Ane mengenai tempat ini. Pokoknya kalau sobat sedang melakukan perjalanan dari Kota Jogja ke Kota Solo atau sebaliknya, bisa deh mampir kesini, tapi ingat jangan hanya sekedar foto saja ya, tetapi ibadah juga.



Ane kira tak usah Ane kasih gambaran rutenya lah ya, lawong letaknya aja di pinggir jalan raya / besar Sehingga sangat mudah untuk ditemukan. Sampai jumpa!

16 komentar:

  1. Subhanallah, Betapa Indah Masjid itu ya, Sesekali ingin Sholat di Masjid tersebut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cocok mas,,, apalagi pas bulan ramadhan. Judulnya wisata realigi tuh,,, hehehe

      Hapus
  2. Kalau pulkam kayaknya pernah liat masjid ini mas, cuma belum pernah mampir :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kapan - kapan kalau lewat sini lagi, sempatkan untuk mampir mas, :-)

      Hapus
  3. Masjidnya kecil tapi indah ya Mas Anis. Dan aku setuju kubahnya mirip permen lolipop :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Evi, bener. Setiap melihat ini aku bawaannya gemes - gemes gimana kok mbak, pingin makan soalnya, hehehe

      Hapus
  4. Akuuu pernah lewat sekaliii :D tapi nggak mampir :D hihihi unik banget mas emang Masjidnya :D hihi kayak castle warna-warni gimanaa gitu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kapan - kapan kalau lewat lagi, sempatkan diri untuk mampir ya mas Febri, hehehe....

      Hapus
  5. Pantes disebut mesjid permen...ternyata warnanya cakep mirip permen. Btw ini juga mirip bangunan di rusia itu yang warna2...kremlin yak. Ikonnya rusia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak,,,
      Cuman kemiripannya seperti apa aku tak tahu. Lawong belum pernah menyambangi negara adidaya tersebut, hehehe Pizzzzz

      Hapus
  6. Jadi ngedoain siapa aja kak pas di dalam?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak ada yang bisa digodain mas,,, lawong adanya cuman bapak - bapak semua, hahaha

      Hapus
  7. Iya mas bener, kayak permen kubahnya ya... mungil tapi bagus..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yo'i mbak Monic. Juga gemes pingin makan, hehehe

      Hapus
  8. Iya bener kalau disebut Masjid Kremlin soalnya persis kayak dekorasi atapnya Kremlin merah yang di rusia. Warna warninya juga sama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyesss,,, nggak salah kalau begitu, :-)

      Hapus

TENTANG ANE

Anis SobatAnis Sobat
Hello, My Name Is Anis Hidayah. I am no Drinking,Drug, Smoking, and Free sex. But yes Travelling, Touring, Mountaineering, visit the new site and meet by new people. Enjoy my life with my way myself. That's about me