Sabtu, 26 November 2016

Pantai Sanur dengan Segala Pesonanya

Siapa yang tak kenal dengan pantai yang satu ini, pantai yang dangkal dengan ombak yang tenang nan indah dipandang mata serta ada yang bilang kalau belum ke Bali namanya jika belum pernah berkunjung kesini. Yapz, pantai tersebut bernama Pantai Sanur. Sehabis makan sore di Warung Mak Beng, Ane sempatkan sejenak berjalan-jalan menyusuri pinggir pantai ini. Rugi kan sob kalau sudah berada di Kawasan Pantai Sanur tetapi tidak mampir ketempatnya?


Sebenarnya kalau kesini saat matahari terbenam salah juga sob, soalnya pantai ini terkenal dengan Pantai Matahari Terbit karena pantainya yang menghadap ke timur. Nggak apa-apalah yang penting ngepantai! memasuki Pantai Sanur Ane dihadapkan sebuah patung putri duyung bertelanjang dada. Duh gemes jadinya, hahaha.


Disebelah kiri jalan terpasang dengan jelas informasi mengenai tarif naik boat ke Pulau Nusa Lembongan maupun ke Nusa Penida. Tak ada niatan Ane untuk menyeberangnya, so Ane abaikan saja informasi tersebut. Sementara disebelah kanannya terdapat pintu masuk pantai sanur, hal ini ditandai dengan adanya dua buah patung kecil yang seolah-olah menyapa setiap para pengunjung yang datang.

Tarif naik boat ke Pulau Nusa Lembongan maupun ke Nusa Penida

Pintu masuk Pantai Sanur
Ini bukanlah kali pertama Ane menginjakkan kaki disini sob, pertama kali Ane menginjakkan kaki disini saat study tour SMA pada tahun 2008 kemarin. Sesuatu yang paling Ane ingat saat itu adalah pantainya yang masih sepi pengunjung dan terdapat banyak batu-batu di sekitar pantainya. Namun kini sudah berbeda, pengunjungnya sudah sangat ramai sekali serta batu-batu tersebut kini sudah tak sebanyak dulu lagi.




Yang ada hanyalah beberapa gazebo di pinggir pantai yang sudah menjadi icon dari pantai ini. Ane fikir pantai ini kurang cocok untuk berselancar karena ombaknya yang begitu tenang, namun hal itu rupanya tak menyurutkan niatan para pelaku wisata yang tetap menyediakan papan selancar bagi yang menginginkannya.



Sebelumnya Ane telah mendapatkan informasi kalau di Sanur ini ada sebuah museum yang cukup menarik untuk dikunjungi, museum tersebut bernama Museum Le Mayeur. Untuk itu sambil menyusuri jalan yang ada dengan disamping kanan dan kirinya terdapat para penjual yang sedang memperjualkan barang dagangannya Ane cari museum tersebut dan ternyata museumnya sudah tutup. Museumnya ada di sebelah kanan (barat) jalan. "Kalau begitu lain kali aja dah mungkin besok", fikirku.
Ane lanjutkan lagi penelusuran Ane. Ane telusuri jalan tersebut kearah selatan. Jalan yang awalnya terdapat banyak para penjual, kini berganti hanya jalan setapak saja, tetapi sudah terbuat dari semen. Sebagai kawasan wisata yang sudah sangat terkenal tak heran bila di pinggir pantai sudah dibangun jalan setapak berupa track tempat berlalu lalangnya para wisatawan. Hingga akhirnya sampailah Ane di sebuah tempat seperti tempat untuk helikopter mendarat.


Landasan tersebut berbentuk bulat dan ditengahnya tertulis huruf "H". Disini Ane berhenti cukup lama, sambil beristirahat Ane melihat-lihat keadaan sekitar. Tempat ini berada di belakang sebuah hotel berbintang, disamping kanannya terdapat lapangan semacam lapangan untuk bermain bola voli. Mungkin voli pantai ya sob ya? Sedangkan disebelah kirinya banyak terdapat kapal-kapal kecil yang bersandar, ada semacam kapal kecil untuk para nelayan mencari ikan, dan adapula kapal jenis boat yang menunggu para penumpangnya untuk disewa.




Puas beristirahat disini Ane jalan menuju pulang karena hari semakin sore. Inilah Bali dengan segala pesonanya, saat perjalanan pulang Ane menjumpai seseorang yang sedang menabur bunga ke laut lepas, sajen ada dimana-mana dan banyak anjing yang berkeliaran kesana-kemari, namun ada juga sedang bersantai ria dengan cara tiduran. Bahkan ada seseorang yang sedang bermain-main dengan anjing-anjingnya, seseorang tersebut melemparkan sesuatu benda ke laut, anjing-anjingnya berlomba-lomba mengambil benda tersebut, setelah dapat benda tersebut diberikan lagi kepada pemiliknya. Begitu seterusnya dan seterusnya.


Bubuk yang tenang ya
Seseorang yang sedang bermain dengan kedua ekor anjingnya
Selain itu ada banyak hal yang dapat Ane lihat disini sob diantaranya ada yang sedang berenang, santai-santai di pinggir pantai sambil berpacaran *upss*, memancing, dan juga ada yang hanya jalan-jalan santai seperti yang Ane lakukan saat ini. Inilah Pantai Sanur dengan segala pesonanya.


Mengunjungi pantai ini mengingatkan Ane pada masa dahulu saat Ane masih sekolah di SMA. *Duh jadi teringat masa muda sob*.

2 komentar:

TENTANG ANE

Anis SobatAnis Sobat
Hello, My Name Is Anis Hidayah. I am no Drinking,Drug, Smoking, and Free sex. But yes Travelling, Touring, Mountaineering, visit the new site and meet by new people. Enjoy my life with my way myself. That's about me