Minggu, 08 Maret 2015

NgeTrip Ke Pacitan: Tidak Melewatkan Gua Sodong

Beranjak dari Pura Puncak Jagad Spiritual, kita melanjutkan petualangan ke Gua Sodong. Arahannya dari pura turun secara perlahan - lahan dan sebelum melewati bangunan gedung terdapat jalan belokan ke kiri. Beloklah kita ke kiri sampai mentok. Tak lama kemudian sampailah kita di gua yang kita maksud. Di sebelah kanan jalan terdapat papan nama gua disertai dengan penjelaskan secara singkat. 


Kalimat yang mengatakan bahwa kita melewati jalan ini sampai mentok Ane ralat ya sob. Hal ini disebabkan jalan yang kita lewati ternyata menembus mulut Gua Sodong sehingga tidak memungkinkan kita membawa motor sampai ke dalam gua. Ya kali nanti kalau sudah masuk dan tidak bisa kembali kan repot, hehe. Bentuk mulut Gua Sodong dipengaruhi oleh kekar dan pelapisan batu gamping.

Mulut Gua Sodong
Jalan yang dilewati didominasi jalan batu yang sudah berlumut dan basah sehingga jalan menjadi sangat licin. Tak dapat dipungkiri bila kita berjalan memasuki gua dengan sangat berhati - hati tanpa alas kaki walau sesekali kita terpeleset.
 
Sungguh takjub kita dibuatnya. Di bawah Gua Sodong terdapat sungai bawah tanah yang jernih. Tak heran bila air ini sering dimanfaatkan oleh penduduk setempat untuk berbagai aktifitas seperti mandi dan mencuci pakaian. Hal ini dapat kita lihat terdapat beberapa pancuran yang terbuat dari paralon kecil yang cukup bagi keluarnya air.

Ada sungai bawah tanah dalam gua
Gambar beberapa pancuran yang ada di dalam gua
Berdasarkan informasi yang terdapat di papan penjelasan, pada musim hujan sungai musiman masuk ke dalam gua.
Puas menikmati obyek wisata yang ada di Kawasan Museum Karst Indonesia ini selanjutnya kita melanjutkan perjalanan menuju ke Kabupaten Pacitan yang memang menjadi destinasi utama kita. Sebelumnya kita beristirahat dahulu di sebuah masjid dekat museum untuk melaksanakan kewajiban kita sebagai makhluk Allah.

Sebuah gubuk kecil di depan mulut Gua Sodong
Sampai jumpa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TENTANG ANE

Anis SobatAnis Sobat
Hello, My Name Is Anis Hidayah. I am no Drinking,Drug, Smoking, and Free sex. But yes Travelling, Touring, Mountaineering, visit the new site and meet by new people. Enjoy my life with my way myself. That's about me