Selasa, 31 Maret 2015

Sejuknya Puncak Suroloyo di Yogyakarta

Banyak berbagai informasi yang mengupas dan sekaligus merekomendasikan tempat ini untuk di kunjungi, mulai dari media sosial, shabat, dan lain sebagainya. Lama kelamaan hal inilah yang membuat Ane penasaran dan ingin mendatangi tempat tersebut yaitu Puncak Suroloyo yang ada di Perbukitan menoreh. Pada tanggal 15 Maret 2015 lalu keinginan tersebut akhirnya terwujud.
Secara administrasi Puncak Suroloyo terletak di Dusun Keceme, Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, YogyakartaKunjungan Ane kesini merupakan kunjungan yang spesial karena bertepatan dengan hari ulang tahun adik Ane Merna. Sebagai kakak yang baik dan ingin membuat senang sang adik, maka sebagai kadonya diajaklah Adik Ane tersebut kesini.


Perjalanan kita mulai dari Kota Yogyakarta. Mula - mula kita Melalui jalan Yogya - Godean dan lurus hingga menemukan jembatan kali progo yang cukup panjang. Dari jembatan tersebut masih lurus terus ke barat hingga menemukan perempatan lampu merah pertama. Dari perempatan lampu merah tersebut, beloklah kita ke kanan dan lurus terus mengikuti jalan yang ada hingga menemukan perempatan lampu merah lagi. Jalan cukup berkelok dan lumayan jauh, namun dengan mengikuti jalan tersebut maka akan sampai di sebuah perempatan lampu merah. Dari perempatan lampu merah tersebut, beloklah kita ke kiri kurang lebih sejauh 9 Km dan melewati pusat Kota Kecamatan Samigaluh. Dari sini Ane ayunkan pelan - pelan roda kuda hijau Ane hingga menemukan sebuah pertigaan ke kanan ke arah Puncak Suroloyo. Sebelum pertigaan terdapat papan plank yang mengarahkan ke arah tersebut.


Dari pertigaan tersebut, tentulah kita belok ke arah kanan mengikuti papan petunjuk yang ada. Bila mengambil jalan yang lurus, maka kita akan tiba di Purworejo. Kondisi jalan yang sebelumnya sedikit berkelok namun masih cukup lebar dan mulus, kini berubah menjadi lebih sempit berkelok dengan berbagai variasi jalan. Terkadang berkelok cukup sempit dan mulus, tak jarang pula berkelok cukup sempit dan rusak. Tak hanya itu saja, turunan dan tanjakan yang cukup tajam pun siap menghadang kita. Sepanjang perjalanan 8 Km ini cukup membuat Ane iba kepada kuda hijau Ane. Sungguh perjalanan yang cukup menyenangkan sekaligus mengerikan.

Kondisi jalan di Puncak Suroloyo
Menyenangkan karena di kanan dan kiri jalan banyak ditumbuhi berbagai macam pepohonan, banyak berbagai macam burung terbang menemani perjalanan kita, sehingga suasana terasa segar dan memperoleh energi yang hilang. Tak terasa 25 menit berselang sampailah kita di perbukitan Menoreh dimana puncak suroloyo berada.
Untuk memasuki dan mendaki puncaknya, kita diwajibkan membayar retribusi sebesar 9k untuk tiket masuk 2 orang, tiket masuk dan sekaligus biaya parkir 1 sepeda motor.


Bagian depan obyek wisata Puncak suroloyo ini nampak patung punokawan yang sungguh tenar dalam cerita pewayangan seolah - olah menyambut setiap pengunjung yang datang.

Patung Punokawan tokoh dalam pewayangan
Fasilitas yang tersedia sudah cukup lengkap, mulai dari ruangan mushola walaupun terbilang kecil, kamar kecil, warung makan, bahkan gedung yang menyerupai pendapa yang bisa digunakan oleh para pengunjung untuk beristirahat. So, bagi sobat yang berkunjung kesini di jamin deh tidak bakal kelaparan.


Setelah berfoto - foto bersama artis pewayangan, bergeraklah kita ke depan menyeberangi jalan. Di bagian paling bawah tangga terdapat papan petunjuk yang mengarahkan ke bagian puncak Suroloyo.


Trek yang kita lalui cukup mudah karena sudah terbuat dari batu yang di semen bercampur pasir yang dibuat oleh pengurus obyek wisata ini. Pengunjung tak akan pernah bosan dalam perjalanan mendaki karena hembusan angin lembut yang menghempas pepohonan membuat suasana menjadi sejuk terasa di tubuh kita. Bagi penyuka kegiatan pendakian, mungkin puncak suroloyo tidaklah terlalu menantang sebagai obyek pendakian namun bagi penyuka kesejukan alam, tempat ini bisa dijadikan sebagai pilihan alternatif untuk hal itu.

Tangga menuju puncak
Di belakang Ane tuh sebuah pertigaannya
Di tengah perjalanan, kita menemui sebuah pertigaan tangga, jika ke kiri maka akan turun ke bawah sekaligus menuju ke gardu pandang lainnya dan jika ke kanan maka kita akan sampai di puncaknya. Perlu sobat ketahui di puncak suroloyo terdapat tiga buah gardu pandang yang dapat digunakan untuk melihat indahnya perbukitan menoreh. Gardu pandang tersebut masing - masing mempunyai nama yakni Pertapaan Suroloyo, Sariloyo, dan Kaendran. Sesampainya di pertigaan tangga ini artinya tinggal beberapa anak tangga lagi kita sampai di Puncak Suroloyo.

Tampak sebuah menara kecil di Puncak Suroloyo 
Dan sampailah kita di Puncak Suroloyo ini. Cukup lelah juga setelah melewati anak tangga sejumlah 286 buah ini sehingga air keringat bercucuran tak terbendung keluar dari pori - pori kulit Ane. Tampaknya sudah banyak pengunjung yang sudah sampai di puncak ini, tak heran bila hal itu terjadi karena kita berkunjung kesini pada weekend. Cukup cerah cuaca namun berawan pekat ketika itu sehingga kita cukup puas menikmati pemandangan alam yang sungguh mempesona di puncak yang memiliki ketinggian 1.019 mdpl ini walaupun tidak bisa melihat pemandangan secara jelas keempat gunung yang ada seperti Gunung Sindoro, Sumbing, Merbabu, dan Merapi. Di puncak ini Ane hanya ingin mengucapkan selamat hari ulang tahun My Sister semoga hari - hari yang akan datang dengan penuh kebahagiaan.

Selamat ultah 21 Merna Fitriani
My Sister
Puncak Suroloyo tak lepas dari cerita RM Rangsang, Putera Mahkota Kerajaan Mataram Islam yang menerima wangsit untuk menjadi penguasa tanah jawa. RM Rangsang diharuskan berjalan kaki dari Keraton, Kota Yogyakarta ke arah barat. Setelah menempuh perjalanan kurang lebih 40 Km dan tibalah dia di wilayah perbukitan menoreh, tiba - tiba dia pingsan karena kelelahan. Wangsit kedua pun datang kepadanya untuk melakukan Tapa Kesatrian di tempat itu. RM Rangsang ini setelah besar bergelar Sultan Agung Hanyakrakusuma.
Inilah beberapa pemandangan Puncak Suroloyo yang berhasil Ane abadikan.


Puas menikmati Puncak Suroloyo dari gardu pandang tertinggi, kemudian kita beranjak menuju dua gardu pandang lainnya. Masih sama seperti sebelumnya, track untuk mencapai kedua gardu pandang tersebut juga terbuat dari batu yang di semen bercampur pasir. Inilah track yang baru kita lewati dari Puncak Suroloyo tertinggi menuju ke gardu pandang yang terletak di tengah ketinggian di antara keduanya.


Ternyata di tangga turun dalam menuju ke gardu pandang ke dua terdapat juga sebuah parkir yang terletak persis di sebelah kanan jalan. Berarti di sini terdapat dua kawasan tempat parkir dan sekaligus mempunyai dua jalur untuk menaiki puncak tertinggi suroloyo ini.

Tempat parkir yang kedua selain tempat Ane parkir
Tak butuh waktu lama untuk mencapai gardu pandang yang ke kedua ini. Sungguh indah memang pemandangan yang terlihat di sini.


Di tengah - tengah sedang menikmati gardu pandang yang kedua, tiba - tiba langit yang semula cerah berubah menjadi gelap dan dibarengi dengan turunnya kabut. Inilah alam ketinggian yang tak bisa di tebak dengan pasti cuaca dan kondisinya. Segeralah kita turun ke bawah dan mengunjungi satu gardu pandang lagi. Tak lengkap rasanya di Puncak Suroloyo ini tanpa mengunjungi ketiga gardunya. Berikut gardu pandang yang ketiga Ane kunjungi yang terletak paling bawah di bandingkan dengan kedua gardu pandang lainnya.


Tak banyak yang Ane nikmati di gardu pandang tersebut. Berakhirnya kunjungan Ane di gardu pandang yang ketiga, berakhir pula kunjungan Ane di Puncak Suroloyo. Perjalanan pulang yang awalanya jalan tidak basah, berubah menjadi basah dan agak licin dikarenakan hujan turun sehingga menuntut kehati - hatian Ane dalam mengendarai kuda hijau Ane.
Eow iya, bagi sobat - sobat yang berasal dari luar Yogya, untuk menuju ke Puncak Suroloyo sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi yang bisa di sewa di tempat rental dikarenakan tak ada angkutan umum yang dapat mencapai tempat tersebut.
Begitulah kira - kira sepenggal cerita Ane mengenai petualangan di Puncak Suroloyo ini. Semoga catatan ini bisa sedikit memberikan informasi bagi yang membutuhkannya. Tunggu juga cerita Ane selanjutnya ya sob, Sampai jumpa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TENTANG ANE

Anis SobatAnis Sobat
Hello, My Name Is Anis Hidayah. I am no Drinking,Drug, Smoking, and Free sex. But yes Travelling, Touring, Mountaineering, visit the new site and meet by new people. Enjoy my life with my way myself. That's about me