Selasa, 24 Mei 2016

Soto Babat Bu Mulyono, Kuliner Soto Babat di Selatan Kota Jogja

Sudah tak terhitung berapa kali Ane lewat Jalan Bantul ini sob. Setiap kali Ane pulang ke Bantul karena posisi saya sekarang ada di kost - kostan Kota Jogja, Ane selalu saja melewatinya. Banyak berjajar warung makan yang berdiri disini, namun ada sebuah tempat yang berhasil menarik perhatian Ane yakni Warung Soto Babat Bu Mulyono yang terletak di Jl. Bantul Km. 9, Piringan, Pendowo Harjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.



Saat Ane lewat ada saja motor dan mobil pribadi yang terparkir di depan warungnya. Lama - kelamaan Ane semakin penasaran saja, Nah barulah pada tanggal 10 Mei 2016 kemarin Ane berhasil menyambanginya. Letaknya yang cukup jauh dari kost Ane menyebabkan waktu yang Ane perlukan cukup banyak sekitar 35 menitan.



Sama seperti sebelumnya sob, terlihat sudah ada banyak pengunjung saja yang datang memadatinya. Warungnya cukup sederhana namun bersih dan rapi. Meja dan kursi terpasang membujur dari timur ke barat. Sebuah backdrop berisi daftar harga menu terpasang di bagian depan ruangan.



Ada beragam menu makanan yang dapat Ane pilih diantaranya ada soto kuah, soto pisah, dan soto campur. Kalau soto kuah disajikan tanpa nasi, soto pisah disajikan terpisah antara soto dengan nasinya, sedangkan soto campur baik nasi maupun sotonya di campur. Sedangkan minumannya pun cukup beragam ada jeruk dan teh yang biasa Ane jumpai, kopi, minuman botolan, dan es tape. Bila Ane menginginkan gorengan, babat maupun iso juga tersedia.


Daftar harga Menu Soto Babat Bu Mulyono
"Mau pesan apa mas?', tanya salah seorang pegawai begitu Ane baru saja masuk kedalamnya.
"Soto campur aja bu", balas Ane dengan cepat.
"Minumannya mas?", jawab Sang penjual lagi.
"Es tape saja Bu", timpal Ane karena sudah lama juga Ane tak menikmati yang namanya es tape.
Begitu Sang Penjual masuk, tak lama kemudian datanglah semua pesanan yang Ane pesan.


Semangkok soto babat dan segelas es tape hijau siap di sikat habis
Mantabbb!
Seporsi soto babat campur ini berisi nasi putih, irisan buah tomat, potongan daging babat, kol/kobis, tauge (kecambah), taburan daun seledri dan bawang goreng, serta mempunyai kuah bening khas soto Yogyakarta. Agar lebih mantab Ane tambahkan sedikit kecap, perasan buah jeruk, dan sambal. Tak hanya itu dua biji bakwan goreng pun Ane tambahkan kedalamnya.



Rasanya gurih dan terasa segar, namun menurut Ane sedikit mengandung gajih (lemak) sob pada kuahnya. Dagingnya terasa lembut sehingga ramah di mulut. Satu kata untuk soto ini deh sob,"Wuenak tenan".
Soal harga masih bersahabat dengan kantong kok sob untuk semuanya uang yang harus Ane keluarkan sebesar 15k saja dengan rincian semangkok soto babat campur 10k, segelas es tape hijau 3k, dan dua biji bakwan goreng 2k.



Gambaran menuju lokasinya:
Dari Alun - alun Selatan Kota Jogja, bergeraklah ke arah barat melalui Jl. MT. Haryono hingga menemukan perempatan lampu merah Pojok Beteng Kulon. Beloklah ke arah kiri (selatan) melalui Jl. Bantul lurus terus hingga menemukan perempatan lampu merah yang kedua di Perempatan Dongkelan. Masih lurus lagi ke selatan melewati Pasar Niten Bantul dan sebuah jembatan hingga menemukan perempatan lampu merah Desa Wisata Kasongan. Masih lurus lagi ke arah selatan melewati dua buah POM Bensin hingga bertemu pertigaan lampu merah Cepit. Lurus lagi sedikit sekitar 125 meter dan sampailah sobat di Warung Soto Babat Bu Mulyono ini.



Bila naik bus, bisa. Naiklah bus dari Perempatan Pojok Beteng Kulon maupun Wetan, Perempatan Dongkelan maupun Terminal Bus Giwangan. Cari bus jurusan Bantul (Kode N untuk jurusan Samas dan Kode B untuk jurusan Srandakan). Bilang saja turun 100 meter setelah pertigaan lampu merah Cepit, Bantul. Sampai dah.
Warungnya terletak di sebelah kiri (timur) jalan.
Jam buka: Setiap hari pukul 06.30 - 15.30 WIB. 

10 komentar:

  1. wah enak nih mas sotonya, kelihatan segar neh...
    jadi pengen makan soto juga he he he
    oh iya mas, btw, kalau makan soto gini ga ada sambelnya ta?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada nuw mbak, cuman kadang lupa buat tak ceritain, hehehe,,,,
      Sip dah mbak, silahkan langsung TeKaPe cari soto mbak Monica, hehehe

      Hapus
  2. Soto babat makanan favorit saya...hmmm, lezat ya mas ada es tapenya juga. Oh iya, ini deket nggak sama kampus ISI jogja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh iya tow mas Inggit?, sama kalau begitu, hehehe...
      Masih jauh mas dengan kampus ISI Jogja, kurang ke selatan lagi, :-)

      Hapus
  3. wah dari kuahnya sudah maknyuusss mas mantap hehe

    BalasHapus
  4. ah, ga pake "le leduk", berarti enaknya biasa :D .. aku lbh trtaril ama es tapenya mas.. di sini susah nyari es tape.. kalo jogja kayaknya memang banyak ya... di solo juga tuh.. tiap mudik, trs makan di solo, pasti adaa aja menu es tape

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha,,,, ternyata Mbak Fanny sudah hapal penilaian saya, :-) ,,, hehehe
      Masa iya mbak es tape nggak ada di Jakarte? kalau disini mah banyak mbak yang jualan es tape,,,, selalu ada saja,,, :-)

      Hapus
  5. Soto Babat memang Mak nyusss. enak banget nih.. Jogya memang surga Kuliner

    BalasHapus

TENTANG ANE

Anis SobatAnis Sobat
Hello, My Name Is Anis Hidayah. I am no Drinking,Drug, Smoking, and Free sex. But yes Travelling, Touring, Mountaineering, visit the new site and meet by new people. Enjoy my life with my way myself. That's about me