Kamis, 11 September 2014

Pendakian Gunung Semeru

Gimana kabarnya sahabat-sahabat semua,,, Lama Kita tak berjumpa lagi. Kalau di hitung-hitung sudah 1 bulan ini ane nggak mempublish aktivitas baru ane nih. Kali ini Ane mau cerita mengenai Pendakian Ane ke Gunung Semeru. Tetapi sebelumnya, ane mau mendiskripsikan sedikit Gunung Semeru. Gunung Semeru terletak di antara Kabupaten Malang, Lumajang, dan Probolinggo. Gunung semeru mempunyai ketinggian 3676 mdpl. Gunung Semeru adalah gunung paling tinggi di pulau jawa sekaligus gunung paling indah di pulau jawa. Jalur pendakian gunung semeru dimulai dari sebuah desa kecil bernama Ranupani. Jalur pendakian gunung semeru mempunyai panjang sekitar 17, 5 Km.
Jalur pendakian gunung semeru mempunyai medan yang sangat variatif. Sepanjang perjalanan menuju puncak mahameru pendaki akan melewati danau, sabana, perbukitan, rimba hingga medan berbatu. Gunung semeru merupakan gunung paling popular di Indonesia. Sepanjang perjalanan ke puncak kita akan selalu bertemu dengan rombongan pendaki dari seluruh negeri. Karena keindahan dan ketinggiannya itulah yang banyak menarik di kalangan para pendaki termasuk ane dan kawan-kawan yaitu maftuh, sofi, dan mas Robert.
Beginilah ceritanya, Sebulan sebelum pendakian dimulai, ane ngasih kabar ke teman-teman tentang pendakian ke gunung semeru. Pada awalnya banyak yang mau ikut dalam pendakian Gunung Semeru. Namun pada akhirnya H-2 yaitu pada tanggal 9 Mei 2014 akhirnya yang sudah memastikan untuk ikud dalam misi pendakian ke Gunung Semeru sebanyak 4 orang yaitu sebut saja Maftuh, Sofi, mas Robert dan ane sendiri.
Pada hari H nya yaitu tanggal 11 Mei 2014 berangkatlah ane dkk menuju gunung Semeru. Ow iya, sobat jangan berpikiran bahwa pendakian kita berangkat dari jogja menggunakan kereta api atau bis, tetapi kita berangkat dari jogja menggunakan sepeda motor,,,, Gila Kan?? hehe,,, Iya, mungkin kelihatan gila, masa Touring dan sekaligus Pendakian gunung semeru kita kombinasikan jadi satu.
Oke langsung saja, Pada pukul 4 pagi Alarm HP ane berbunyi, menandakan perjalanan yang panjang akan segera kita mulai. Langsung ane ambil seperangkat peralatan mandi dan langsung mandi, Begitupun dengan teman-teman ane. Satu jam sudah berlalu, dan akhirnya ane, maftuh dan sofi berangkat dari jogja menuju Karanganyar dahulu, karena satu teman kita yang bernama mas Robert yang memastikan untuk ikud berada di Karanganyar. Pada pukul 7 pagi sampailah kita di Karanganyar. Perjalanan kita lanjutkan menuju ke basecamp gunung Semeru yang sudah terkenal di kalangan para pendaki yaitu Desa Ranupani. Sepanjang perjalanan kita melewati Telaga Sarangan yang mempunyai pemandangan yang sangat menawan dan kondisi jalan yang naik turun, melewati Pare, Kabupaten kediri yang sangat terkenal dengan kampung Inggris. Namun di tengah jalan Kota kediri menuju Pare, ada bangunan yang sangat bagus yang bernama Simpang Gumul. Nieh teman-teman gambarnya
Dari Pare, kita menuju kandangan dan ke arah timur menuju Malang. Kondisi jalan yang berkelok-kelok memaksa kita untuk berjalan santai, namun demikian di jamin tidak akan bosan karena memiliki pemandangan yang dapat menghipnotis mata.untuk melihatnya.
Di jamin wuih pokoke. Pada azan maghrib tiba, sampailah ane dkk di kota Malang. Tanpa ba bi bu lagi, ane dkk langsung tancap gas menuju Ranupani. 30 menit kemudian ane sampailah di Kota Tumpang. Di sini kita berhenti guna membeli logistik untuk keperluan pendakian, di sinilah biasanya para pendaki membeli logistik untuk keperluan pendakian ke Gunung Semeru. Setelah semua terpenuhi, ane dkk menuju Ranupani. Di tengah perjalanan dari Tumpang menuju Ranupani, kita tidak bisa menikmati pemandangan alam sekitar dikarenakan kita tiba di tempat ini pada malam hari. Dan pada pukul 9 malam, sampailah ane dkk di Ranupani, yaitu desa terakhir yang berada di kaki Gunung Semeru dan sekaligus sebagai pos pendakian Gunung Semeru. Alangkah baiknya teman-teman yang membaca tulisan ane ini melihat dahulu Film 5 Cm, jadi akan lebih mengerti lagi mengenai tulisan ane ini. Jarak yang ane tempuh bersama teman-teman dari jogja menuju Ranupani sejauh 440 Km, Mantab kan?? :-) :-) Karena Pos pendakian Gunung Semeru tutup pada Pukul 4 Sore, dan ane dkk sampai di Ranupani pada pukul 9 malam, dengan terpaksa kita memulai misi pendakian Gunung Semeru pada pagi harinya yaitu Tanggal 12 Mei 2014. Ya walaupun kita boleh naik pada malam harinya,,, tidak mungkin kita langsung summit ke Gunung Semeru, secara gitu loh, kita seharian Full mengendarai motor Jogja-Ranupani, tentu butuh waktu istirahat lah.
Pada Pagi harinya, tanggal 12 Mei 2014 pukul 6 pagi, kita bangun tidur dan selanjutnya untuk Packing dan persiapan pendakian ke Gunung Semeru. Pada pukul 8 Pagi, kita mengurus administrasi untuk masuk ke Gunung Semeru. Setelah semua selesai, kita langsung Go melakukan pendakian menuju Puncak Mahameru sebagai tujuan utama kita. Nieh Foto-foto di sekitar Posko pendaftaran Gunung Semeru
Dari posko Pendaftaran pendakian Gunung Semeru, jalan yang kita lalui masih beraspal sampai di gapura yang bertuliskan " SELAMAT DATANG PARA PENDAKI GUNUNG SEMERU". Di sini kita eksis dahulu. Dari kiri ke kanan yaitu ane, Maftuh, Sofi, dan mas Robert.
Setelah melewati gapura tersebut ane, dkk melanjutkan perjalanan menuju Pos 1. Trek yang kita lalui cukup landai. Di tengah perjalanan menuju Pos 1 kita sempat mengabadikan Foto. Nih foto nya

Akhirnya sampailah kita di Pos 1

Nieh temen ane yang lagi istirahat di Pos 1
15 menit berlalu pendakian kita lanjutkan menuju pos 2. Trek yang kita lalui masih seperti sebelumnya, yaitu masih terbilang cukup landai. 30 menit berselang kita sampai di Pos 2. Menurut ane keadaan Pos 2 lebih bagus pemandangannya daripada Pos 1.

Beranjak dari pos 2, kita lanjutkan menuju pos 3. Di tengah-tengah jalan, kita melewati Watu Rejeng dan jembatan berwarna kuning. Ane berhasil mengabadikan foto tersebut

Satu jam berselang, Sampailah kita di Pos ke 3. Nah di sini kita bertemu sama bule. Tanpa ba bi bu lagi langsung saya minta berfoto bersamanya.

Beranjak dari Pos 3 menuju ke Pos 4, disinilah Ranukumbolo mulai terlihat. Padang Sabana seakan ramah menggoda, memaksa setiap pendaki untuk berhenti termasuk ane dkk. Ketenangan air ranukumbolo seakan menggambarkan kedamaian sejati yang abadi.

Tidak lama kemudian, sampailah ane di Ranukumbolo. Namun ane dkk tidak membuka tenda di sini, melainkan berencana camp langsung di Kalimati. Sampai di Ranukumbolo pada pukul 2 siang, lalu istirahat di sini selama 1,5 jam. Di sini ane dkk sengaja tidak mengambil foto banyak-banyak, dikarenakan hari semakin sore dan berencana mendirikan camp ketika pulang. Pas pukul setengah 4 sore, ane dkk melanjutkan perjalanan menuju oro-oro ombo. Cerita selanjutnya di Pendakian Gunung Semeru 2, nih link nya yaw sobat

12 komentar:

1. critone kapiken bro.... hahaha

salam manis robertoverdongo parahse_x

Balasan
    1. Thanks mas bro,,,, Insaya Allah tak sampaikan ke mas Robert... La iku fotone we nganggo fotone mas Robert, hehe

Hapus
  2. suka kangen nanjak kayak gini. entah mengapa nggak ngerasakan kesal atau lelah meski berpelu peluh. sekarang, rasanya malessss banget. apalagi badan tambah melar gini. edisi emak emak curcol, hehehe

Balasan
    1. Wah keren nuw emak Zulfa, biasanya kalau nanjak pasti lelah ujung - ujungnya setiap 5 langkah berhenti,,,, tapi semua itu akan terbayar ketika sampai di atas,,, lah malah bagus bukan kalau badan tambah tumbuh, buat olahraga kan jadi bisa langsing,,,, :-)

Hapus
  3. lama gak naik Gunung #kembar eh gimana... :)

BalasHapus
  4. Hehehe,,, Iyaw kak, lama gak naik gunung kembar :-)

5. wuh ternyata sampeyan salah satu penakluk semeru ms kece badai hehe.... josh mas anis

1. Nggak kok mas,,, cuman ingin memahami alam aja :-) dan bukan penakluk, hehe

Hapus
  6. Serunyaa... pake foto sama bule segala... hihihi..

Saya pengen ke Semeru suatu saat. Mudah2an kesampaian. aamiin.. Btw itu kenapa hurufnya berubah-ubah ya mas?

Balasan
    1. Yaw kak, lawong ketemu di jalan jadi yaw sekalian berfoto bersamanya dah. Btw bulenya sangat welcome soalnya, hehehehe (dibilang ndeso yaw nggak apa - apa)
      Tak do'akan dah semoga Kak Dely bisa sampai kesini. Amiiieeen. Apalagi kalau dengan suami kak, dijamin tambah erat dah soalnya pemandangannya super duper indah sekali.
      Hurufnya berubah - ubah tadinya itu mulai belajar ngeblog kak, desain templet dll. Jadi biarlah malah bisa menjadi sejerah. Sayang kalau di atur ulang, hehehehe

7. Semoga bisa kesampaian mendaki ke Semeru. Amiin

TENTANG ANE

Anis SobatAnis Sobat
Hello, My Name Is Anis Hidayah. I am no Drinking,Drug, Smoking, and Free sex. But yes Travelling, Touring, Mountaineering, visit the new site and meet by new people. Enjoy my life with my way myself. That's about me