Selasa, 09 Februari 2016

Soto Daging Sapi Bu Pujo, Santapan Lezat di Tengah Pasar Beringharjo

Pagi hari cuaca sangat cerah dengan sinar matahari yang terbit dari timur. Pagi - pagi begini enaknya ngapain yaw? gimana kalau cari soto, sop, atau bakso. Tanpa terfikirkan sebelumnya, tiba - tiba muncul ide untuk blusukan ke Pasar Beringharjo. Disana terdapat berbagai rekomendasi tempat kuliner seperti Ratengan/Empal Bu Warno, Gado - gado Bu Hadi atau Soto Daging Sapi Bu Pujo. Tanpa ba bi bu lagi berangkatlah Ane menuju kesana pukul 8 kurang seperempat dan sebagai target pertama yang akan Ane datangin adalah Ratengan/Empal Bu Warno.



Berdasarkan informasi yang Ane dapatkan dari berbagai sumber di internet bahwa jam 8 pagi warung makan ini sudah buka dan Ane sampai sana tepat jam 8 pagi, apa yang terjadi disana sob? ternyata Ratengan/Empal Bu Warno ini belumlah buka. Kata salah satu pelayannya, kalau jam segini yang matang baru empalnya saja sedangkan nasinya belum matang dan matang biasanya jam 9 pagi. Yawsudah akhirnya Ane merubah tujuan wiskul yakni di Soto Daging Sapi Bu Pujo. Letaknya tak jauh di sebelah barat dari Empal Bu warno yakni kurang lebih 17 meteran saja. Nah ini dia tempatnya.


Tempatnya seperti biasa yang terdapat di tengah pasar yakni berupa petak - petak dan Warung Soto Daging Sapi Bu Pujo ini terletak di Lantai 2 los timur Pasar Beringharjo. Hanya ada beberapa tempat duduk saja yang tersedia, ya kurang lebih 7 buah tempat duduk. Belum banyak pengunjung yang datang, hanya ada beberapa pengunjung saja yang sedang menikmati menunya.


Tanpa menanyakan lagi menu apa yang akan Ane pesan karena memang disini hanya menjual soto saja, salah seorang laki - laki pelayannya menanyakan kepada Ane minuman apa yang hendak akan Ane pesan? Ane langsung menjawabnya dengan kata,"es teh pak". Sambil menunggu pesanan yang datang, Ane sempat memperhatikan daerah sekitar dan ini dia yang Ane suka kuah soto dan berbagai lauk - pauk yang ada masih di olah menggunakan cara tradisional dengan anglo sebagai kompornya dan arang sebagai bahan bakarnya.



Pelayanannya sangat cepat sekali, hanya dengan hitungan menit saja datanglah pesanan yang Ane pesan seporsi soto daging sapi dan segelas es teh manis.



Semangkok soto daging sapi ini terbilang berisi cukup sedikit. Bila sobat kurang dengan porsinya, bisa pesan semangkok atau dua mangkok lagi. Semangkok soto daging sapi tersebut terdiri dari nasi putih, mie suun, potongan kol/kubis, taoge (kecambah), dan potongan daging sapi itu sendiri dan kemudian di siram dengan kuah yang terbilang bening. Tak ketinggalan juga dibubuhkan taburan seledri dan bawang goreng.



Berbagai lauk dapat Ane pilih menemani sotonya seperti tempe goreng, rempeyek, kerupuk, dan lain sebagainya dengan berfikiran sedikit 2 biji tempelah yang akhirnya Ane ambil.
Sekarang tinggallah eksekusinya. Menurut Ane rasa kuah sotonya gurih dan khas, cocok di lidah dan pokoknya berbedalah dengan apa yang ada pada soto pada umumnya. Dua kata untuk Soto Daging Sapi Bu Pujo ini, "Wuenaaak Tenaaan". Buktinya hanya dalam waktu yang sangat singkat Ane sudah bisa menghabiskan semuanya.



Soal harga sangatlah bersahabat sob, semangkok soto daging sapi dan segelas es teh manis hanya dibanderol dengan harga 15k saja. Ane sempat bertanya kepada salah satu pelayannya laki - laki untuk sotonya sendiri berapa harganya? dan beliau menjawab 10 ribu saja. Sementara untuk segelas es teh manisnya 4k dan 1k untuk 2 buah tempenya. bagaimana dengan sobat? tertarikkah untuk datang mencicipinya? Berikut rutenya



Dengan cara berjalan kaki, Dari titik nol kilomter Kota Jogja bergeraklah ke arah utara (menuju Malioboro) melalui Jl. Margo Mulyo (dulu A. Yani) hingga menemukan jalan pertigaan pertama ke kanan (timur). Beloklah ke jalan tersebut melalui Jl. Pabringan (Kalau dari arah Malioboro belok ke kiri). Di sepanjang jalan ini terdapat banyak pintu masuk ke Pasar Beringharjo dan perhatikan pintu masuk tersebut. Setelah melewati jembatan penyeberangan yang kedua, sobat akan menjumpai pintu masuk F2 di sebelah kiri. Nah, masuklah kedalam dan kemudian langsung naik ke tangga menuju Lt.2 lalu Beloklah ke arah kanan (timur)  dan ada jalan ke arah kanan (selatan) lagi, beloklah ke jalan tersebut. Beberapa detik kemudian sampailah sobat di Soto Daging Sapi Bu Pujo ini.
Berdasarkan informasi yang Ane dapatkan dari salah satu pelayannya perempuan, bahwa jam buka Warung Soto Daging Sapi Bu Pujo ini mulai dari pukul 8 Pagi hingga 3 sore. Benar saja Ane sampai sana pukul 8.10 pagi warung ini sudah buka. 

12 komentar:

  1. Wah, tempo hari pernah ke Beringharjo tapi belum tahu ada Soto Bu Pujo.. Kalau tahu pengin juga nyicipin nikmatnya Soto daging

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah sayang kalau begitu mbak,,, ntar kalau ke Beringharjo lagi bisa mampir kesini kalau begitu :-)

      Hapus
  2. Ini dekat sate ayam itu ya? :-D
    Pake tungku. Hemmm pasti nikmat :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang tahu ew mas, sate ayamnya itu dimana. He'em masih pake tungku dan rasanya memang nikmat :-)

      Hapus
  3. wah dulu pernah sekali ke pasar beringharjo, rasanya semua mau dibeli...tapi belum pernah makan di situ...
    ketok'e lezat sotonya, seger...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha,,, la itu Pasar Terlengkap di Jogja ew mbak, mau cari apa saja ada. Kapan - kapan kalau ke Jogja blusukan ke Pasar Beringharjo kemudian mampir disini, makan cantik. Memang lezat mbak, lawong ada daging sapinya, hehehe

      Hapus
  4. selalu khas sama gambar petanya lho .. hihi jadi pengen makan soto malem malem gini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe,,, Waduh kalau malem biasanya soto nggak ada yang buka mbak. Ditahan sampai besok pagi ya, hehehe

      Hapus
  5. sangat terjangkau olahan sotonya, kelihatan menarik untuk dicoba

    BalasHapus
  6. wah sepertinya mas Anis sekalian kulakan ini hehe.... mantap mas bisa jadi referensi kalo makan di beringharjo josh dah ms Anis hehe... peta unikmu itu harus terus ada lho mas ehehhe...,pizzzz

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah tau aja mas Angki, hahaha. Okelah mas, Insya Allah diusahakan ada :-)

      Hapus

TENTANG ANE

Anis SobatAnis Sobat
Hello, My Name Is Anis Hidayah. I am no Drinking,Drug, Smoking, and Free sex. But yes Travelling, Touring, Mountaineering, visit the new site and meet by new people. Enjoy my life with my way myself. That's about me