Minggu, 14 Februari 2016

Mengintip Keanekaragaman Hayati di Museum Biologi Jogja


"Siang - siang gini enaknya ngapain ya? ah daripada nggak ada kerjaan lebih baik main - main ke museum aja ah. Lagian masih banyak museum yang belum Ane datangin". Nah itulah sob sedikit kegundahan hati Ane ketika siang itu tanggal 4 Februari 2016. Cuaca yang cerah dan terang benderang membuat Ane semakin ingin saja menggerakkan kaki ini ke sebuah tempat yang bernama museum. Kali ini museum yang akan Ane datangin adalah Museum Biologi UGM atau bisa di sebut juga dengan Museum Biologi Yogyakarta yang terletak di Jl. Sultan Agung No. 22 Yogyakarta.



"Mau masuk mas?" tanya seorang petugas museum yang baru keluar dari Ruang Administrasi.
"iya pak", jawab Ane saat mau melangkahkan kaki kedalam museum.
"Sini mas masuk", ajakan beliau menyuruh Ane untuk masuk kedalam ruangan administrasi terlebih dahulu.
"Baik Pak", jawab Ane mengiyakan ajakan Sang Petugas tersebut.
"Masnya darimana, pelajar atau mahasiswa?", tanya beliau sambil duduk di kursi".
"Mahasiswa Pak", jawab Ane sambil meletakkan sebuah tas di bawah meja.
"5 ribu mas", timpal beliau sambil mengambil sebuah kertas yang sepertinya sebuah tiket masuk.
"Baik Pak", jawab Ane sambil mengambil dompet dalam saku celana.
"ini mas tiketnya", timpal beliau sambil menyodorkan tiket tersebut.
"Baik Pak, terimakasih", jawab Ane sambil menerima tiket yang beliau berikan kepada Ane.
Seusai membayarnya, kini saatnya Ane dapat mengeksplorer museum sepuasnya. Ruangan pertama yang Ane jelajahi adalah Ruang 1. Disini ada yang menarik perhatian Ane sob yakni sebuah kerangka yang cukup tinggi bahkan lebih tinggi dari manusia, setelah Ane dekati ternyata kerangka tersebut adalah kerangka Gajah Asia.


Kerangka Gajah Asia

Selain itu, berbagai macam koleksi pun dipamerkan disini diantaranya kupu - kupu, kerangka macan, tikus, kucing hutan, dan lain sebagainya.


Lepidoptera (sejenis kupu - kupu)
Tikus
Kucing hutan
Buat orang awam seperti Ane ternyata tak perlu khawatir bila tak mengerti spesies apa saja yang sedang Ane lihat karena di setiap spesies terdapat selembar kertas putih yang berisi identitas dari setiap spesies tersebut mulai dari famili, spesies, nama lokal, deskripsi bahkan pakan. So, bagi setiap pengunjung yang datang kesini dapat mengerti dengan jelas apa yang sedang mereka lihat di depannya. Berpindah memasuki ruangan yang ketiga dimana Ruang Kedua adalah Ruang Administrasi, disini terdapat berbagai macam koleksi ikan dan Herpetofauna.


Ruang Administrasi
Ruang Koleksi Ikan dan Herpetofauna

Eh, by the way tahu tidak sob, apa yang dimaksud dengan Herpetofauna itu? nggak tahu, nggak tahu? okelah menurut berbagai sumber yang ada bahwa yang dimaksud dengan herpetofauna adalah binatang - binatang yang melata seperti ular, katak, kepiting, dan lain sebagainya.


Ular Gadung
Ular Kayu
Ular Sawah / Bandotan Macan

Ada berbagai jenis ular seperti ular gadung, ular kayu, dan lain sebagainya. Begitu juga dengan katak, ada katak serasah, percil jawa, dll. Di ruangan ini juga ada kepiting, bintang laut, Udang Galah, dan ubur - ubur.


Kiri: Percil Jawa, Kanan: Katak Serasah

Berbagai macam udang


Berbeda lagi dengan yang ditunjukkan di Ruang 4 yakni Ruang Koleksi Burung. Ada berbagai macam koleksi burung yang ada, mulai dari Burung Merak Hijau, Kuau Raja, Mambruk Victoria (Dara Mahkota), Kakaktua, dll. Burungnya cukup cantik dilihat apalagi ketika membaca nama burung Mambruk Victoria yang ada di benak Ane malah nama Victoria Becham, hehehe. Tapi benar sob, Burung Mambruk Victoria ini benar - benar cantik secantik Victoria Becham, hahaha. Di kepalanya ituloh ada mahkotanya. Lalu siapa lho yang tak kenal dengan burung kakaktua? lawong dari kecil saja kita sudah di ajari tentang nyanyian burung ini, ya kan? Burung kakaktua, hinggap di jendela. Kalau sudah tua, tinggal nunggu waktunya. Eh kagak nyambung ya sob? yaudahlah cekidaut foto - fotonya.


Banyak ya sob burungnya!
Burung Merak Hijau
Burung Kuau Raja
Burung Dara Mahkota
Burung Kakaktua
Kita loncat ke ruang 6 terlebih dahulu ya sob, soalnya di ruangan ini masih Ruang Koleksi Burung. Tak jauh berbeda dengan ruangan sebelumnya, burung - burung yang ada disinipun cantik - cantik. Bayangkan saja kecantikan dari Burung Cendrawasih dengan bulu berwarna kuning pucat dengan tubuh bagian bawah betina putih unik. Selain burung Cendrawasih, ada beberapa burung - burung lainnya seperti Burung Hantu, Elang, dll.


Ruang Koleksi Burung
Burung Cendrawasih
Burung Cendrawasih
Burung Cendrawasih
Burung Hantu
Burung Elang
Nah ini dia sob yang Ane suka, di Ruang Ke-5 yakni Ruang Koleksi Kerangka. Disini kita dapat melihat dengan jelas bentuk kerangka yang dimiliki oleh hewan maupun manusia. Ada 6 buah kerangka yang di pajang disini, di antaranya kerangka Badak Jawa, kuda, kambing, orang utan, gorilla, dan Homo Sapiens (manusia).




Kerangka Badak Jawa
Kerangka Kuda
Kerangka kambing
Kerangka Orang Utan
Kerangka Gorilla
Homo Sapiens
Jauh berbeda dengan ruangan sebelumnya, di Ruang Koleksi Tumbuhan dan Hewan ini hanya ada beberapa macam spesies saja yang dipamerkan seperti macan, harimau, dan beruang madu. Katanya ruangan ini adalah Ruang Koleksi Tumbuhan dan Hewan, lalu dimana tumbuhannya ya? ntahlah, Ane tak menjumpai sedikitpun koleksi tumbuhan di ruangan ini.


Harimau
Beruang Madu
Masih ada beberapa ruangan lagi lho sob yang tak kalah menariknya bila dibandingkan dengan sebelumnya dan bahkan menurut Ane lebih menarik karena ada berbagai macam jenis spesies tumbuhan dan hewan. Lalu apa sajakah spesies tersebut? lanjut di Museum Biologi Jogja Part 2

2 komentar:

  1. wuihhh banyak banget ternyata museum di Jogja ya...
    eh btw mas, itu gbr tikus kok mirip kelinci ya kl dilihat dari samping gitu...

    burung cendrawasih memang bagus ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, malah masih banyak lagi mbak yang belum didatengin, hehehe.
      Iya juga ya mbak? tapi ditulisannya tikus kok, jadi ya manut ama tulisannya saja mbak, hehehe.
      Burung Cendrawasih tow memang bagus mbak, Icon Papua ew mbak, hehehe

      Hapus

TENTANG ANE

Anis SobatAnis Sobat
Hello, My Name Is Anis Hidayah. I am no Drinking,Drug, Smoking, and Free sex. But yes Travelling, Touring, Mountaineering, visit the new site and meet by new people. Enjoy my life with my way myself. That's about me