Jumat, 25 Desember 2015

Jejamuran, Resto Makanan dan Minuman Serba Jamur


Coba deh ulangi, "makanan dan minuman serba jamur?". Makanannya sieh nggak heran memang jamur bisa di olah menjadi makanan, terus minumannya itu loh keliahatannya asing sekali di telinga nggak pernah dengar sebelumnya.
Nah sobat bingung atau malah penasaran? kalau benar demikian berarti sobat tak sendiri, Ane pun sebelumnya berprasangka yang tidak tidak. Kok bisa yaw jamur di jadikan minuman? Okelah daripada penasaran yuk kita ikutin ceritanya.
Jadi gini sob, selain karena rasa penasaran Ane terhadap restoran ini yang katanya menjual menu makanan dan minuman serba jamur, Ane juga fanatik dengan apa yang namanya jamur. Dulu Ane sering dimasakan jamur oleh ibu Ane tapi karena sekarang Ane terpisah jauh dari ortu dan belum berkeluarga maka nggak memungkinkan dan tempat pelarian Ane yaw tempat ini *weladalah malah curcol*, hehehe. 
Ane baru tahu tempat ini belum lama yaw sekitar sebulan yang lalu iseng - iseng cari wisata kuliner di Yogyakarta ew secara tidak sengaja malah menemukan restoran ini jadi yaw tambah mupeng, pengen banget ngerasainnya.


Nah barulah kemarin tanggal 19 Desember Ane kesampaian kesini. Restoran Jejamuran ini terletak di Niron, Pandowoharjo, Sleman, Yogyakarta. Letaknya yang sudah di luar Kota Jogja dan sejalan ketika menuju arah Magelang membuat perjalanan Ane lumayan jauh. Ya kurang lebih 23 menitan saja dari Jalan Gejayan.


Lalu bagaimana dengan sobat yang ingin kesini? berikut rutenya:
Cara mudahnya adalah perjalanan dimulai dari Terminal Jombor. Sobat cari aja dahulu Terminal Jombor. Dari sini bergeraklah ke arah utara hingga menemukan Lapangan Ndenggung. Tenang saja nggak usah khawatir tersesat, lapangan ini terletak di sebelah barat daya perempatan lampu merah. Tepat di pojok kiri perempatan lampu merah terdapat pos polisi yang menjelaskan kalau ini adalah Lapangan Ndenggung. Dari perempatan lampu merah ini masih lurus ke arah barat sejalan dengan jalan menuju Magelang hingga menemukan perempatan lampu merah lagi. Dari perempatan lapangan Ndenggung sampai perempatan lampu merah ini kurang lebih 1 Km. Kemudian beloklah ke kanan lurus hingga kurang lebih 1 Km lagi. Dan sampailah sobat di Restoran Jejamuran yang sobat cari. Restoran ini terletak di sebelah kiri jalan yang di bagian depannya tertulis "sampun dugi" (dalam bahasa jawa) dan di tulis dengan berbagai bahasa juga.



Yang namanya restoran tentulah bersih dan rapi serta keamanan dan kenyamanan terjaga. Kayaknya nggak perlu Ane bahas mengenai hal itu karena semuanya baik - baik saja.


Begitu Ane masuk, Ane bingung gimana cara pesannya langsung ke tempat pemesanan atau duduk manis dulu baru pelayannya datang. Dengan PeDenya Ane langsung menemui salah satu pelayannya yang cantik yang sedang duduk di kursi. "Mbak saya mau pesan makanan, daftar menunya boleh lihat?", tanya Ane. "Mau di bawa pulang apa di makan di sini yaw mas?", timpal beliau. "Makan disini saja mbak", jawab Ane. "Silahkan duduk dahulu mas dan ini daftar menu makannya dan apa yang mau di pesan", pinta beliau kepada Ane untuk duduk dan mengisi pesanan apa saja yang Ane pesan. Kemudian Ane memesan sate jamur sebagai makanannya dan wedang jejamuran sebagai minumannya.
Setelah mengisi dan mengembalikannya kepada pelayannya Ane di tanya beneran mau pesan wedang jejamuran? beliau menjelaskan bahwa minuman ini sebagai obat dan rasanya pahit dan menyarankan Ane untuk memilih minuman yang lainnya. Yaw karena pelayannya cantik dan kena bujuk rayu jatuhlah pilihan Ane kepada Summer Brezze sebagai minumannya. Katanya minuman tersebut juga terdapat jamurnya. Yaw iyalah pokoknya kalau kesini apa - apa harus jamur dan serba jamur nggak mau yang lain. Rugi dong kalau kesini pesan nasi uduk dan tanpa jamur. Sembari menunggu pesanan datang Ane sempat memperhatikan sekitar.
Eh ngomong - ngomong nasi uduk disini juga ada loh tapi ya tetap ada jamurnya. Selain itu terdapat juga pilihan menu seperti tongseng jamur, pepes jamur, sup jamur pokoknya serba jamur deh. Gimana dah ngiler? ew pesanan Ane datang. Nah ini nieh pesanan yang Ane pesan seporsi sate jamur dengan segelas Summer Brezze.


Sate jamur
Summer Brezze
Dilihat secara visual sate jamur ini disajikan dengan bumbu kacang potongan kubis dan tomat. Dilihat secara sekilas mungkin sobat tak percaya kalau ini benar - benar sate jamur karena mirip banget dengan potongan - potongan seperti daging ayam atau kambing.
Sedangkan minumannya tampak seperti dua buah lapisan. Lapisan yang atas berwarna kuning menyerupai warna kuningnya jeruk dan lapisan bagian bawah berwarna biru. Nah yang istimewanya disini adalah terdapatnya jamur enoki di dalam minuman. Terbukti kan kalau memang benar - benar ada yang namanya minuman jamur.
Lalu bagaimanakah dengan rasanya? mulai dari minumannya karena menurut Ane tetap Aneh kalau ada yang namanya minuman jamur. Rasanya Aneh dan tidak enak? no no no,,, justru rasa jamurnya itu seperti jelly dan Ane tidak merasakan sesuatu yang aneh. Pokoknya wuenak tenan, Cocoklah. Sedangkan pada airnya nampak minuman ini dibuat dari sirup karena rasanya memang seperti rasa sirup dan juga ada dua potongan buah jeruk yang tentunya menambah rasa wuenak tenan.

Penampakan sate jamurnya terlihat menggoda
sekarang pindah merasakan satenya. Dagingnya itu menurut Ane lebih enak sate ini dibandingkan dengan sate ayam. Terasa empuk dan bahkan tidak terasa kalau ini adalah sate jamur. Lagi - lagi Ane terpesona akan rasanya. Sepertinya datang kesini tak hanya sekali ini saja, mungkin lain kali bisa datang kesini lagi dengan menjajal olahan lainnya.
Seporsi nasi putih, seporsi sate jamur dan segelas es Summer Brezze dihargai sebesar 35k. Mahal? relatif lah yaw soal itu setiap orang kan punya standar sendiri - sendiri ntah itu mahal atu tidak.


Seusai membayarnya Ane lantas tidak langsung pulang tetapi melihat - lihat dahulu pemandangan yang ada. Tahu tidak sob, selain makan jamur disini kita juga bisa belajar mengenai berbagai macam aneka jamur lo. Walaupun tidak secara langsung melihat pembudidayaannya tetapi cukuplah untuk menambah sedikit pengetahuan kita tentang jamur. Ada jamur kuping, jamur Lingzhi, jamur tiram raja, dll.



Bagaimana tertarik untuk mencobanya bukan? kalau tertarik sobat bisa datang langsung kesini dan merasakan nikmatnya rasa menu makanan dan minuman yang serba jamur ini. Jam buka Jejamuran mulai pukul 10 pagi. Sampai jumpa.

14 komentar:

  1. Minumannya itu yang bikin ngiler,,, Hmmmm seger sekali tampaknya. Boleh di coba nih, recom dech nanti kalau ke jogya,, Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaw mas,,, Kalau ke Jogja bisa mampir kesini, hehe

      Hapus
  2. wah mas anis emang jago masalah ginian lanjutkan mas... semoga bisa makan gratisan ke mana aja mas hehe....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiiieen mas, kalau bisa makan gratisan mas,,, hehehe

      Hapus
    2. hehe josh mas saya dulu gratisan mas makan dimari hehe.... cuma blm sempat dibuat blognya ajah hehe

      Hapus
    3. Eow, Enak nuw mas Angki. Ajak - ajak donk kalau ada gratisan lagi,,, hahahaha

      Hapus
  3. minuman dari jamur? rasanya kaya apa itu ya? :D

    BalasHapus
  4. aku gagal ke Jejamuran ini waktu terakhir ke Jogya, padahal sudah masuk list. eh giliran kesini harus ngejar kreta.... huhuhu disuguhin foto ini rasanya pingin nelen ludah. I love Jamur krispi, makanya pngin cobain menu lainnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaw mbak,,, jamur krispi emang josss,,,, tapi nggak ada salahnya coba yang lain,,, minum jamur gitu :-)

      Hapus
  5. Hiks, pas mudik ke solo 2 thn lalu, aku mampir k Jogja krn mw makan di resto ini... tp sayangnya tutup -__-.. akhirnya tpksa makan di iga sapi bali... thn ini mudik lebarannya gntian k solo lg... bnran hrs kesana deh...penasaran aku, secara suka bgt ama jamur ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaw deh kak, kalau dulu tutup nggak apa - apa,,, tapi sekarang bisa dicoba kesini lagi. Sip dah kalau kak Fanny suka Jamur. Sama kalau gituw, aku juga fanatik banget ama yang namanya jamur kak, tapi yang nggak ngeracunin dan enak di makan,,, hehehehe

      Hapus
  6. wah kalau ke jogja besok aku mesi mampir ke sini nih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Monggo,,, jangan lupa pesan minuman jamurnya ya mbak! :-)

      Hapus

TENTANG ANE

Anis SobatAnis Sobat
Hello, My Name Is Anis Hidayah. I am no Drinking,Drug, Smoking, and Free sex. But yes Travelling, Touring, Mountaineering, visit the new site and meet by new people. Enjoy my life with my way myself. That's about me