Sabtu, 27 Februari 2016

Gudeg Wijilan Bu Lies Jogja

Setidaknya ada banyak penjual gudeg sob yang menjual gudegnya di Kota Yogyakarta ini. Tak heran bila Kota ini disebut juga dengan Kota Gudeg. Beberapa gudeg yang pernah Ane kunjungi mempunyai keunikannya masing - masing, misalnya saja Gudeg Bu Sri Kuncen dengan adanya daun singong yang melengkapi seporsi gudegnya, Gudeg Bu Djuminten dengan arehnya yang berwarna agak keputihan, Gudeg Yu Djum yang pastinya sudah tak asing lagi dengan namanya bila menyambangi Kota ini dan gudeg - gudeg lainnya. Nah, kali ini Ane menyambangi salah satu sentra penjualan gudeg yang juga sangat rekomended sekali sob di Kota ini yakni Gudeg Bu Lies.



Ane sengaja datang kesini pagi - pagi sekali sekitar pukul 7 pagi, tadinya sieh berangkatnya mau pukul setengah 6 pagi tapi yaw tahu sendiri lah masih pagi niat tinggallah niat dan yang tersisa adalah penyesalan semata. Gudeg Bu Lies terletak di Jl. Wijilan No. 5 Yogyakarta, sebelah timur Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Di Jalan Wijilan ini sendiri kita dapat menjumpai berbagai warung gudeg yang berjajar dengan rapi. Sesuai dengan niat awal Ane bahwa Gudeg Bu Lies lah yang menjadi sasaran tembak kali ini, mampirlah Ane di warung Gudeg Bu Lies ini (bukan yang paling utara letaknya ya sob melainkan di sebelah selatannya) dengan pertimbangan ada papan nama Gudeg Wijilan Bu Lies yang tampak lusuh menandakan kalau Warung Gudeg Bu Lies yang inilah yang paling tua. Ane sempat bingung ketika sampai di Jalan Wijilan ini, pasalnya ada dua tempat warung gudeg yang sama - sama bernama Gudeg Bu Lies. Apakah warung gudeg tersebut sama atau tidak, Ane tak mengetahuinya tapi yang jelas setelah membaca ulasan Ane ini sobat akan tahu apakah kedua warung tersebut beda atau tidak. Loh kok bisa? yaw karena setelah makan gudegnya, Ane berencana sekedar bertanya - tanya kepada salah satu pelayannya.




Warungnya cukup luas, bersih dan rapi. Ada dua macam cara pengunjung dalam menikmati gudegnya yakni sistem lesehan dan meja dan kursi. Begitu memasuki kedalamnya, Ane ditanyai oleh seorang pelayannya mengenai pesanan Apa yang hendak akan Ane pesan dan dengan PeDenya Ane meminta daftar menu makanan yang ada jikalau daftar menu makanan tersebut tersedia, ternyata ada dan diberilah daftar menu tersebut kepada Ane.


Sistem meja kursi ada, lesehan pun ada


Untuk makanannya Ane pilih yang nomor 4 Nasi Gudeg Krecek Ati Ampela, "masa yang nomor 2 Nasi Gudeg Krecek Telor?, kan sudah biasa", fikirku. Untuk minumannya nggak mungkin donk kalau teh atau jeruk manis, secara itukan sudah biasa. Jadi untuk minumannya kali ini Ane pilih segelas es tape saja. Ane pun bertanya kepada salah satu pelayannya tape apakah ini? dan beliau menjawabnya bahwa tape yang di maksud disini adalah tape hijau. *cocok*. Tak butuh waktu lama, datanglah pesanan Ane.


Sepiring nasi gudeg krecek ati ampela dan segelas es tape hijau

Secara penampilan, Gudeg Bu Lies ini tidaklah berbeda jauh dengan gudeg - gudeg pada umumnya yang terdiri dari areh, krecek, dan gudeg itu sendiri serta disajikan bersama dengan nasi, sayur tempe yang diolah kering dan lauk yang kita inginkan. Struktur pada gudegnya terlihat agak lembut walaupun tak selembut Gudeg Mbarek Bu Hj. Amad dan berwarna cokelat gelap. Warna yang sama terlihat pada arehnya yang mempunyai warna cokelat gelap. Berbeda dengan keduanya, pada kreceknya sendiri berwarna cokelat seperti pada warna krecek umumnya. Bila Ane perhatikan lebih detail, ada yang unik loh sob pada gudeg ini yakni terdapatnya sayur tempe yang diolah kering.


Cuman disini malah membuat Ane semakin bingung, apakah memang begitu adanya atau karena kuahnya sudah habis karena dipanaskan kembali?. Ah sudahlah, yang jelas sekarang sudah di depan mata Ane dan kini saatnya untuk segera mengeksekusinya.
Menurut Ane gudegnya terasa manis walaupun tidak terlalu manis. Ini dia yang Ane suka sob rasa pada arehnya, cuman arehnya kok ya tidak berbeda jauh rasanya ya sama gudegnya yang sama - sama manis. Berbeda sieh bila dibandingkan dengan rasa areh pada Gudeg Bu Djuminten. Okelah, kreceknya terbilang banyak dan lumayanlah rasanya sama dengan rasa pada krecek - krecek umumnya, maksudnya lumayan enak, hehehe. Sedangkan pada tempenya Ane no comment karena Ane sendiri kurang suka dengan tempe yang diolah seperti ini, beda cerita jika tempe di goreng menggunakan tepung terigu dan dimakan bersama biji lombok di saat hujan datang, hmmm. Disini Ane malah iseng - iseng membandingkan antara banyaknya nasi dengan selain nasinya, bisa di bilang perbandingannya itu 50% : 50%. Sebagai penutupnya, tentulah Ane perlu minum dan kali ini tape hijaulah yang menemani Ane dan rasanya lumayan manis dan seger tenan.

Habis sudah semuanya
Soal harga cukuplah bersahabat sob, seporsi nasi gudeg krecek ampela ati dengan segelas es tape hijau hanya dibanderol sebesar 23k saja.


Gimana, tertarikkah untuk mecicipinya? setelah membayarnya, Anepun iseng - iseng bertanya dengan salah satu pelayannya mengenai warung ini dan beliau yang kebetulan seorang laki - laki yang masih muda dengan ramah meladeninya.
Ane        : Mulai tahun berapa mas Warung Gudeg Bu Lies ini
             berdiri?
Pelayannya : 1993 mas.
Ane        : Mas, kan tadi saya menemukan plank bertuliskan,"Gudeg
             Wijilan Bu Lies, ada dua kalau tidak salah. Lalu beda
             nggak mas antara gudeg disini dengan yang ada di sana
             (Ane sambil menunjuk letak Gudeg Wijilan Bu Lies yang
             satunya)
Pelayannya : Sama saja mas, Gudeg wijilan Bu Lies yang ada disana
             juga masaknya jadi satu disini. Bedanya kalau Gudeg
             Wijilan Bu Lies pertama kali berdiri ya disini,
             sedangkan yang ada disana di pegang oleh puteranya Bu
             Lies. ada satu lagi mas sebenarnya yakni di Jalan
             Gamelan.
Ane        : Eow. dengar - dengar juga buka cabang di Jakarta ya
             mas?
Pelayannya : benar mas, tapi itu dulu. Sekarang sudah nggak.
Ane        : Kenapa mas kok sudah nggak?
Pelayannya : Soalnya disana sewa gedungnya mahal dan juga repot. 
             Jadi ya sekarang fokus di Jogja aja mas.
Ane        : Iya ya mas? di Jogja kan menempati rumah sendiri, jadi
             tidak ada masalah mengenai tempatnya.
Pelayannya : Iya mas.
Ane        : Melayani gudeg besekan dan kendil juga tow mas disini?
             (yang kebetulan Ane melihat daftar harga menu gudeg
             besek dan kendil di meja samping beliau)


Pelayannya : Iya mas, bener. Juga ada yang berbentuk kalengan loh
             mas. Setiap kalengnya 30 ribu harganya. Tapi sekarang
             lagi kosong, hanya ada di depan itu saja. Kalengnya 
             kan kita datangkan dari Surabaya. Di Jogja ini kan ada 
             2 warung yang menyediakannya, sini sama Bu Tjitro.
Ane        : Eow, untuk jam bukanya gimana mas? dari jam berapa
             sampai berapa?


Pelayannya : jam 5 pagi hingga 10 malam mas
Ane        : Terimakasih ya mas sudah meluangkan waktunya untuk
             saya. Saya mau pamit pulang mas.
Pelayannya : Baik mas, sama - sama.
Nah itulah sob, perbincangan singkat kita. untuk soal penampilan, rasa dan sebagainya itu pendapat Ane ya sob, jadi bisa saja berbeda dengan pendapat sobat semua. Ane bukanlah pakar kuliner, Ane hanyalah makan dan kemudian Ane tuangkan disini. So, jika sobat ingin pergi kesini berikut rute yang bisa sobat tempuh.
Dari Titik Nol Kilometer Jogja, beloklah ke arah selatan menuju Alun - alun Utara Kota Jogja hingga menemukan percabangan jalan ke arah kanan (barat) dan ke arah kiri (timur). Beloklah ke arah kiri dan kemudian melalui Jl. Ibu Ruswo sampai sobat menemukan sebuah pertigaan ke kanan (selatan) dengan ditandai adanya sebuah plengkung Wijilan. Beloklah ke arah jalan tersebut melewati bawah Plengkung Wijilan hingga sobat akan membaca banner yang bertuliskan, "Gudeg Wijilan Bu Lies". Disini kan ada dua ya sob warung Gudeg Wijilan Bu Lies, nah silahkan sobat pilih yang mana saja bisa karena kedua - duanya sama saja dimasak secara bersamaan.

Makan Gudeg Yok
Sampai jumpa.

10 komentar:

  1. yeay...gudeg lagi...he he he...
    eh mas kalau gudeg komplit mahal harganya ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe... tergantung lauknya mbak,,, telur biasanya minimal 10 rb, ayam sekian....

      Hapus
  2. salah satu pusaka kuliner indonesia yang legendaris.

    BalasHapus
  3. Kayaknya kalo mau jualan gudeg di jogja, susah ya mas ;p.. hrs bikin yg rada beda dan unik saking banyaknya yg jualan itu... intinya sih kalo gudeg, aku suka yg ga terlalu manis, dan kreceknya pedes ;).. udh dijamin lahap deh kalo gitu..makanya kalo gudeg yu djum itu aku ga doyan krn terlalu manis mnrtku... yg ibu lies ini blm prnh coba sih..jd blm bs bilang dulu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, betul banget... Tapi kalau suka yang pedas - pedas cocok dah kalau ke Gudeg Mercon Bu Tinah,,,, disini bisa juga di coba kok mbak, pas dilidah dan tak terlalu manis gudegnya :-)

      Hapus
  4. wah lagi" teringat jaman masih kerjaannya nyooting mas hehe keren dah nie tempat berkarya hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eow,,, dahulu sampean kerjanya nyooting tow mas? tak kira hanya potographer aja ew,,, hehehe,,, keren dah mas

      Hapus
  5. Balasan
    1. Ya, bacanya dikit demi sedikit mas, biar nggak kesel :-)

      Hapus

TENTANG ANE

Anis SobatAnis Sobat
Hello, My Name Is Anis Hidayah. I am no Drinking,Drug, Smoking, and Free sex. But yes Travelling, Touring, Mountaineering, visit the new site and meet by new people. Enjoy my life with my way myself. That's about me